Polres Kapuas Hulu Fasilitasi Deklarasi Damai Pilkada 2024 - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, October 15, 2024

Polres Kapuas Hulu Fasilitasi Deklarasi Damai Pilkada 2024


Foto: Kegiatan Deklarasi Pilkada Damai Kabupaten Kapuas Hulu di Ball Room Hotel Banana Putussibau, Selasa (15/10/2024)/ Yohanes Santoso 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com - Polres Kapuas Hulu memfasilitasi kegiatan Deklarasi Pilkada Damai Kabupaten Kapuas Hulu di Ball Room Hotel Banana Putussibau, Selasa (15/10/2024). Kegiatan dihadiri jajaran Forkopimda Kapuas Hulu, juga tim koalisi Pasangan Calon 01 dan 02.

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan, mengatakan bahwa deklarasi damai ini untuk menciptakan kodisi yang sejuk, aman dan damai di masyarakat. 

"Awalnya deklarasi damai diadakan KPU, sebelum mulai kampanye Paslon. Kali ini diadakan kembali karena kondisi sudah berubah karena medsos dan mesin politik berjalan hingga desa, disini kita membuat kondisi agar pesta demokrasi itu bukan untuk saling menyudutkan antar paslon," pungkasnya.

AKBP Hendrawan menuturkan Pilkada sebelumya pernah dilakukan Pemungutan Suara Ulang ( PSU) pada berapa Tempat Pemungutan Suara (TPS). Semoga hal ini tidak terulang. "Agar tidak ada PUS perlu kerja keras kita bersama," tuturnya.

Kapolres Kapuas Hulu berharap ada dukungan semua pihak, agar pengamanan Pilkada berjalan lancar dan tidak ada konflik yang merusak demokrasi. 

"Masyarakat tidak perlu khawatir tentang kenetralan TNI Polri 2024," ujarnya. 

Dia menegaskan Kepolisian telah memetakan potensi kerawanan, memperkuat sinergitas KPU Bawaslu, Pemda dan TNI. 

"Kami juga sudah floating personil," ucapnya.

Terhadap pemberitaan media masa dan postingan medsos, Polres Kapuas Hulu sudah membentuk satgas humas. Satgas itu untuk melakukan patroli pemberitaan dan postingan yang bersifat provokasi dan hoax.

"Mari kita ciptakan kondisi pilkada yang aman, damai dan sejuk," tuturnya.

Asisten III Setda Kapuas Hulu, Istiwa, mengatakan bahwa Pilkada adalah pesta demokrasi, bila ada suhu naik, itu wajar saja asal tidak lewati rambu-rambu. Ini adalah momen memilih pemimpin yang berkualitas. 

"Masyarakat berharap pemimpin yang berkualitas untuk membangun daerah Kapuas Hulu dengan segala tantangan yang ada, potensi yang ada," tegasnya.

Istiwa menegaskan ada 270 ribuan warga di Kapuas Hulu, tentu ada figur yang mampu bawa Kapuas Hulu adil dan makmur. 

"Politik yang bagus, pemimpin yang visioner akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat," ucapnya.

Istiwa menegaskan agar netralitas baik itu ASN, Penyelenggara dan Pengawas Pemilu, serta Aparat dapat terjaga.

"Terutama Bawaslu yang adalah wasit dalam Pilkada, Kami harap mereka tidak terkontaminasi atau ikut bermain di Pilkada," imbuhnya.

Istiwa juga mengajak masyarakat bijak dalam menyikapi informasi di media sosial selama Pilkada 2024.

"Sekarang era digital, berita mudah disebarkan baik hoax dan informasi yang benar, untu itu kita semua harus cermat dan bijak menyikapinya," tuntas Asisten Setda Kapuas Hulu.

Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad