Polisi Ungkap Curanmor, Info Warga Curiga Pengangguran Gonta-ganti Motor - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, October 10, 2024

Polisi Ungkap Curanmor, Info Warga Curiga Pengangguran Gonta-ganti Motor


 Foto: Barang bukti motor yang dicuri oleh UJ, HN dan IW berhasil diamankan Satreskrim Polres Kapuas Hulu/Istimewa

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com - Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Kapuas Hulu berhasil membekuk pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang meresahkan warga Kapuas Hulu. Ketiga pelaku, yakni UJ (19), HN (21), dan IW (19). 

Ketiga pelaku terlibat aksi curanmor pada Mei 2024 lalu. Aksi para pelaku dilakukan di wilayah Kecamatan Putussibau Selatan, Putussibau Utara, Bika, Kalis, Mentebah, dan Bunut Hulu.

"Kasus ini terungkap berkat laporan dari masyarakat yang curiga terhadap perilaku UJ, salah satu pelaku," kata IPTU Rinto Sihombing, Kasat Reskrim Polres Kapuas Hulu, Kamis (10/10/2024). 

Menurut Rinto, warga merasa curiga melihat UJ yang tidak memiliki pekerjaan tetap, sering terlihat berganti-ganti sepeda motor. Informasi ini kemudian ditindaklanjuti oleh tim Sat Reskrim, yang berhasil mengamankan UJ setelah sempat melarikan diri. 

"Dari hasil penangkapan dan pemeriksaan, polisi juga berhasil mengungkap keterlibatan dua pelaku lainnya, HN dan IW," ucap Rinto.

Dari pengungkapan kasus ini, kata Rinto, pihaknya berhasil mengamankan lima unit sepeda motor dari berbagai merk yang merupakan hasil pencurian, sementara satu unit motor Yamaha Vixion yang dicuri oleh HN masih dalam pencarian. Ketiga pelaku diketahui memiliki motif ingin memiliki dan menjual motor-motor tersebut. 

"Para pelaku mencuri pada malam hari saat situasi sepi, kemudian mengubah warna dan nomor polisi motor curian agar tidak mudah terdeteksi," tuturnya "Kini, ketiga pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Polres Kapuas Hulu dan mereka dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara," tuntas Kasat Reskrim Polres Kapuas Hulu.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad