Debat Paslon Pilkada Kapuas Hulu Diagendakan Tanggal 16 November 2024 - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Saturday, October 12, 2024

Debat Paslon Pilkada Kapuas Hulu Diagendakan Tanggal 16 November 2024


Foto: Sosialisasi Mekanisme Debat Antar Paslon di Kantor KPU Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Sabtu (12/10/2024)/ Yohanes Santoso

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com - Komisi Pemilahan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu mengadakan pertemuan bersama tim pemenangan dari dua Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu, perwakilan Bawaslu Kapuas Hulu serta awak media, Sabtu (12/10/2024). Pertemuan yang dilaksanakan di Kantor KPU Kapuas Hulu tersebut untuk mensosialisasikan Mekanisme Pelaksanaan Debat Antar Paslon sekaligus penyerahan Alat Peraga Kampanye (APK).

"Pertemuan ini terkait rencana debat Paslon sekaligus penyerahan APK yang kami fasilitasi, ada empat jenis APK yang diserahkan kali ini," ujar Muhammad Yusuf, Ketua KPU Kapuas Hulu.

Selain menyerahkan APK, kata Yusuf, pertemuan tersebut untuk menyepakati tanggal pelaksanaan debat paslon. Hal yang perlu pertimbangkan adalah jadwal kedua paslon melaksanakan rapat umum atau kampanye terbuka, agar tidak bentrok dengan debat. 

"Tadi sudah disepakati kita adakan di 16 November 2024, tinggal tempat dan media penyiarannya masih perlu disepakati bersama lagi, sebab itu kita akan lakukan pertemuan kembali," tuturnya.

Anggota KPU Kapuas Hulu, Dominikus Uyub menambahkan pertemuan tersebut bertujuan untuk menyelaraskan jadwal debat publik. Debat publik ini penting dalam rangka menyebarluaskan profil, visi dan misi paslon. 

"Kita adakan untuk memberi informasi menyeluruh untuk membantu masyarakat menentukan pilihan," tegasnya.

Nantinya, kata Uyub, akan ada tim yang merumuskan perencanaan debat publik, termasuk pertanyaan kepada Paslon. tim ini melibatkan pihak profesional, akademisi dan tokoh masyarakat.
"Untuk Panelis, mereka juga dari kalangan yang sama, dengan kriteria khusus serta tidak memihak kepada paslon manapun," ujarnya.

Tim Pemenangan Paslon 01, Fransiskus Diaan dan Sukardi, yakni Ahmad Yani menegaskan bahwa pihaknya sepakat debat publik diadakan pada tanggal 16 November. "Kami siap ditanggal tersebut," ucapnya yang tampak didampingi Carlos Penadur, tim Advokad Paslon 01 .

Terkait waktu dan tempat penyiaran, kata Yani, pihaknya menunggu kepastian dari KPU Kapuas Hulu. Hal tersebut hendaknya bisa segera ditetapkan agar tim juga bisa mengatur jadwal kampanye. 

"Durasi, moderator, panelis dan segment ini juga perlu dipastikan dan diinformasikan ke kami. Siapa MC, Moderator dan Panelis kami harap mereka individu yang netral," ujarnya.

Tim Pemenangan Paslon 02,  Wahyudi Hidayat dan Oktavianus, Dahar menuturkan bahwa pihaknya menyarankan agar ada sesi debat yang memisah antara calon bupati dan calon wakil bupati. "Untuk tempat kami minta paling tidak diadakan di Pontianak," tutur pria yang juga tim advokad Paslon 02 ini.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad