Lintas Sektor di Kapuas Hulu Tanda Tangan Deklarasi Pilkada Damai - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, August 8, 2024

Lintas Sektor di Kapuas Hulu Tanda Tangan Deklarasi Pilkada Damai


 Foto: Kegiatan Deklarasi Pemilu Damai sekaligus penandatanganan Pemilu Damai di Gedung FKUB Kapuas Hulu, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (8/8/2024)/ Yohanes Santoso 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kapuas Hulu menggelar kegiatan Deklarasi Pemilu Damai sekaligus penandatanganan Pemilu Damai di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (8/8/2024).
Kegiatan ini dihadiri langsung Waka Polres Kapuas Hulu, Perwakilan Kodim 1206 Psb, Perwakilan Kejari Kapuas Hulu, Perwakilan Pengadilan Negeri Putussibau,  KPU Kapuas Hulu, Bawaslu Kapuas, Pengurus Parpol serta tokoh masyarakat, tokoh pemuda maupun tokoh adat beserta tamu dan undangan lainnya. 

Ketua FKUB Kapuas Hulu, Zainudin, menuturkan bahwa kegiatan deklarasi dan penandatanganan Pilkada damai ini bertujuan bagaimana kondisi perpolitikan di Kapuas Hulu diharapkan semakin baik dan kondusif. 
"Tentunya didalam pesta demokrasi ini,  kita sangat berharap dengan ikhtiar seperti ini, masing-masing pihak yang terlibat dalam kontestasi Pilkada bisa menahan diri lebih baik dan akhirnya bisa menciptakan kerukunan, keamanan di masyarakat kita," ujarnya. 

Menurutnya Deklarasi Pilkada Damai ini menjadi momentum penting bagi semuanya dalam meneguhkan komitmen untuk menciptakan ketenangan menjelang proses Pilkada. Acara tersebut diharapkan dapat memastikan bahwa Pilkada tahun ini dapat berjalan dengan aman, tenteram, dan damai, serta menjauhkan dari berbagai bentuk tantangan seperti berita bohong (hoaks), ujaran kebencian, politik identitas, polarisasi politik dan kampanye hitam. 
Zainudin mengatakan, selama beberapa Pilkada, di Kapuas Hulu untuk kerukunan umat beragama tidak terlalu berdampak meskipun terkadang diawal Pilkada itu suasana politiknya panas,  namun setelah Pilkada semuanya berjalan dengan seperti semula. 
"Seperti tidak ada lagi dendam politik ketika Pilkada usai. Masyarakat kita setelah politik berjalan seperti biasa saling sapa dan merangkul, " ujarnya.

Sementara Wakapolres Kapuas Hulu Kompol Dahomi Baleo Siregar menyampaikan apresiasi kegiatan Deklarasi dan penandatanganan Pilkada Damai di Kapuas Hulu. 
"Inilah yang kami harapkan, bagaimana kita menciptakan situasi kondusif terkait rangkaian maupun jadwal Pilkada ini terutama didalam masa pemilihan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati 27 November 2024," kata Waka Polres. 
Waka Polres mengatakan, siapa pun yang terpilih pada Pilkada 2024, itulah yang merupakan pilihan rakyat Kapuas Hulu. 
"Untuk kita harus dukung segala program dan kebijakan dari Bupati dan Wakil Bupati terpilih nantinya, " ujarnya. 
Waka Polres mengungkapkan, untuk situasi jelang Pilkada, di Kabupaten Kapuas Hulu masih kondusif. Tentunya ini tak terlepas dari semua dukungan dari elemen masyarakat, mulai dari FKUB, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Ormas dan lainnya.
"Kita juga berpesan kepada timses calon Bupati dan Wakil Bupati jangan menonjolkan ujaran kebencian, penyebaran hoax termasuk politisasi agama. 
" Kita harus sama-sama membangun Kabupaten Kapuas Hulu yang kita cintai ini pada Pilkada tahun ini dengan sejuk dan Damai, " pungkas Waka Polres.

Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad