Dinas PUPR Kapuas Hulu Terapkan Buku Tamu dan Survey Kepuasan Masyarakat Berbasis Digital - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, August 1, 2024

Dinas PUPR Kapuas Hulu Terapkan Buku Tamu dan Survey Kepuasan Masyarakat Berbasis Digital


Foto: Pengunjung melakukan pengisian survey kepuasan masyarakat via scan barcode di Meja Pelayanan Dinas PUPR Kapuas Hulu, Putussibau, Kalimantan Barat, Kamis (1/8/2024)/ Istimewa

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Kapuas Hulu melakukan inovasi baru dalam pengelolaan buku tamu dan survey kepuasan masyarakat, dari yang dulunya bersifat manual beralih ke sistem digital. "Inovasi ini dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di Dinas PUPR kearah digitalisasi, khususnya untuk buku tamu dan survey kepuasan masyarakat," ujar Frisca Widyani, Kassubag Umum dan Aparatur pada DPUPR Kapuas Hulu, Kamis (1/8/2024).

Pengisian buku tamu dan survey kepuasan masyarakat dapat dilakukan pengunjung dengan menggunakan smart phone yang mereka miliki, cukup scan barcode yang sudah tersedia di Meja Pelayanan DPUPR. Kemudian pengunjung akan mendapat google form yang bisa di isi.

"Tamu yang ingin koordinasi, konsultasi atau mengurus administrasi dengan pimpinan atau staf DPUPR, sebelum melakukan pertemuan harus scan barcode dan mengisi data buku tamu dahulu," paparnya. 


Foto: Pengunjung melakukan pengisian buku tamu digital via scan barcode di meja pelayanan Dinas PUPR Kapuas Hulu, Putussibau, Kalimantan Barat, Kamis (1/8/2024)/ Istimewa 

Dalam form buku tamu, pengunjung mengisi data identitas, asal daerah, pejabat yang dituju, serta urusan yang  hendak dikerjakan. Setelah semua terisi langsung tekan logo kirim filenya. 

Setelah pengunjung melakukan pertemuan dengan pejabat atau staf DPUPR, diarahkan kembali oleh petugas pelayanan untuk mengisi survey kepuasan masyarakat, dengan cara yang sama yakni scan barcode dan mengisi pertanyaan yang di tampilkan serta memberikan saran atau kritik yang membangun untuk kinerja serta pelayanan publik di DPUPR Kapuas Hulu.

"Dengan sistem buku tamu digital dan survey kepuasan masyarakat melalui google form, data dari pengunjung jadi akurat, mengurangi kesalahan dalam penulisan. Disamping itu penerapannya mendukung Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada DPUPR Kapuas Hulu, guna mewujudkan pelayanan yang maksimal untuk masyarakat,” tuntas Frisca.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad