Universitas Terbuka Pontianak Buka Sentra Layanan UT di Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, July 3, 2024

Universitas Terbuka Pontianak Buka Sentra Layanan UT di Kapuas Hulu


 Foto: Direktur UT Pontianak, Yudi Efendi dan Kepala SALUT Kapuas Hulu, Verawati menandatangani Perjanjian Kerja Sama di Kantor SALUT Kapuas Hulu, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (3/7/2024)/ Yohanes Santoso 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Universitas Terbuka (UT) Pontianak telah membuka Sentra Layanan Universitas Terbuka (SALUT) di Kabupaten Kapuas Hulu. Pembukaan tersebut ditandai dengan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) antara Direktur UT Pontianak, Yudi Efendi dengan Kepala SALUT Kapuas Hulu, Verawati di Kantor SALUT Kapuas Hulu, Jl. M. Dahar, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (3/7/2024).

Dirut Universitas Terbuka (UT) Pontianak, Yudi Efendi, mengatakan bahwa PKS antara UT dan SALUT Kapuas Hulu masih tahap awal. "Kedepan ada peresmian dan kita melibatkan lintas instansi," ujarnya.

Yudi menjelaskan SALUT sudah ada di UT sejak tahun 2016, namun hanya di sebagian daerah Jawa. SALUT adalah transformasi struktur dari Kelompok Belajar (Pokjar). SALUT punya standarisasi, terutama harus ada fasilitas sendiri dan ada penerapan biaya yang terstandar dalam pelayanan kepada Mahasiswa UT yang tergabung disana. 

"Tahun depan semua pokjar di Kalimantan Barat akan jadi SALUT, sekarang sudah ada 11 SALUT di Kalbar, targetnya 17 SALUT," ujarnya.

Yudi menegaskan SALUT yang resmi di Kapuas Hulu hanya ada satu. Seluruh mahasiswa UT bisa memanfaatkannya, dengan membayar hanya Rp 500 ribu per semester.

UT sifatnya fleksibel, dari berbagai latarbelakang boleh ikut menjadi mahasiswa, baik itu ibu rumah tangga, ASN dan lainnya. Saat ini di Kalbar sudah ada 16.000 mahasiswa UT. 

"UT punya 39 prodi, ada jenjang S1, 10 Magister dan 2 Doktor. UT sudah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH)," tuntasnya.


Pimpinan SALUT Kapuas Hulu, Verawati, mengatakan pada tanggal 23 Desember 2023 koordinasi awal mendirikan SALUT di Kapuas Hulu. Setelah memiliki kantor, sarana dan prasarana disiapkan untuk digunakan mahasiswa UT dibawah SALUT Kapuas Hulu.

 "Lewat SALUT Kapuas Hulu calon mahasiswa bisa mengurus pendaftaran, sementara mahasiswa bisa memanfaatkannya untuk pengambilan modul dan lainnya," ucapnya.

Vera juga mengajak mahasiswa UT di Kapuas Hulu turut mensosialisasikan keberadaan SALUT di Kapuas Hulu. "UT sudah akreditasi A, jadi masyarakat tidak perlu ragu untuk menempuh perguruan tinggi di UT lewat SALUT Kapuas Hulu," tegasnya.

Dalam acara PKS antara Direktur UT Pontianak dan Kepala SALUT Kapuas Hulu, hadir puluhan mahasiswa UT, para mentor dan pihak lainnya.

Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad