Tiga Desa di Selimbau Deklarasi ODF - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, July 18, 2024

Tiga Desa di Selimbau Deklarasi ODF


 Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyerahkan plakat ODF kepasa perwakilan Desa Benuis, Gerayau dan Sekubah di Selimbau, Kapuas Hulu, Rabu (17/7/2024)/ Yohanes Santoso 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri kegiatan deklarasi stop buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) yang dilakukan Desa Gerayau, Desa Benuis, Desa Sekubah, Kecamatan Selimbau, Rabu (17/7/2024). Kegiatan tersebut dipusatkan di Desa Sekubah, Kecamatan Selimbau. 

ODF merupakan langkah awal untuk mewujudkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). STBM merupakan unsur penting yang menunjang penurunan angka Stunting.
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyambut baik deklarasi ODF dari pihak Desa Gerayau, Desa Benuis dan Desa Sekubah.

"Kondisi desa-desa di Selimbau banyak berada disekitar perairan. Sama dengan beberapa daerah perairan lain, sebelumnya masyarakat menggunakan jamban untuk mandi, cuci dan lainnya, ini memang praktis namun ada dampak negatifnya. Jadi kita mulai berubah ke ODF kemudian STBM," tegasnya.

Ia menambahkan sejauh ini baru 58 desa di Kapuas Hulu ODF, sementara 220 lainnya belum. Sebab itu dirinya berharap desa-desa lain segera menerapkan ODF. 
"Masih banyak yang harus lakukan ODF. Ini penting, karena ODF akan menurunkan kasus stunting, penyakit diare, tipes dan penyakit kulit di daerah tersebut," tuntasnya.

Dalam kegiatan ini hadir Anggota DPRD Kapuas Hulu, Sukardi dan Samsudin, para Kepala OPD Kapuas Hulu, Forkopincam Selimbau, Aparatur Desa Benuis, Gerayau dan Sekubah, serta masyarakat Desa Sekubah.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad