Tangani Sampah di TPA Sibau Hulu Pemda-KH Siapkan Anggaran di APBD Perubahan 2024 - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, July 25, 2024

Tangani Sampah di TPA Sibau Hulu Pemda-KH Siapkan Anggaran di APBD Perubahan 2024


 Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyampaikan arahan di rapat paripurna Raperda Pertanggungjawaban APBD tahun anggaran 2023 di Gedung DPRD Kapuas Hulu, Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (24/7/2024)/ Istimewa 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Eksekutif dan Legislatif Kapuas Hulu kembali menggelar rapat paripurna terkait dengan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pertanggungjawaban Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kapuas Hulu tahun 2023. Rapat paripurna digelar di Ruang Sidang DPRD Kapuas Hulu, Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (24/7/2024).
Agenda rapat kali ini adalah jawaban Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan terhadap pemandangan umum Fraksi-fraksi DPRD Kapuas Hulu.

Salah pembahasan yang sedang viral di media sosial adalah tentang penanganan sampah di kota Putussibau. Hal ini juga menjadi salah satu poin yang disampaikan dalam pemandangan umum Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang kemudian dijawab oleh Bupati Fransiskus dalam rapat paripurna kali ini. 

Fransiskus menegaskan bahwa upaya penanganan sampah ada jangka pendek dan ada jangka panjang. 
"Jangka pendek, pemerintah akan menyediakan anggaran untuk perluasan TPA Sibau Hulu, itu direncanakan melalui APBD perubahan tahun 2024 ini," tegas pria yang akrab disapa Bang Sis ini.

Untuk jangka panjang, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu telah menetapkan lokasi TPA di Nanga Kalis.  Pada tahun 2023 lalu, Pemerintah telah menganggarkan untuk membuka akses jalan dan tahun 2024 disiapkan anggaran untuk peningkatan jalan masuk menuju lokasi TPA. "Kami berharap langkah-langkah ini bisa menyelesaikan permasalahan sampah di Putussibau dan sekitarnya," tuntas Bupati Kapuas Hulu.

Rapat paripurna Raperda Pertanggungjawaban APBD 2023 dipimpin Kuswandi, Ketua DPRD Kapuas Hulu bersama Razali dan Hairudin, Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu. Hadir pula jajaran Forkopimda Kapuas Hulu, BUMN dan BUMD di Putussibau.

Rapat paripurna ini masih akan berlanjut beberapa kali pertemuan, hingga pada persetujuan bersama Eksekutif dan Legislatif, terkait penetapan Raperda Pertanggungjawaban APBD tahun 2023 menjadi Perda Kapuas Hulu.

Penulis: Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad