Puluhan Ribu Masyarakat Hadir saat Penutupan PGD Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, July 29, 2024

Puluhan Ribu Masyarakat Hadir saat Penutupan PGD Kapuas Hulu


 Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan bersama istrinya Ny. Angeline Fremalco F.Diaan dan juga Sukardi, Anggota DPRD Kapuas Hulu berfoto bersama masyarakat yang hadir dalam Penutupan PGD Kapuas Hulu ke III di GOR Uncak Kapuas Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Minggu (28/7/2024)/ Yohanes Santoso 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, menutup kegiatan Pekan Gawai Dayak (PGD) di GOR Uncak Kapuas, Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Minggu (28/7/2024). Puluhan ribu masyarakat Kapuas Hulu mengikuti kegiatan PGD ini.

Kegiatan semakin semarak dengan penampilan artis Dayak ternama di Kalbar. Bupati Fransiskus tampak didampingi istrinya, Ny. Angeline Fremalco F.Diaan. Bahkan Anggota DPRD Kapuas Hulu, Sukardi juga hadir dalam kesempatan itu.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus, mengatakan bahwa PGD diadakan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang melimpah dari masyarakat adat Dayak kepada sang pencipta. Pada masa kini, perayaan gawai Dayak ditujukan untuk mewujudkan rasa persatuan dan kesatuan sesama suku Dayak bersama suku lainnya dalam kebersamaan yang harmonis dan toleran. 

"Selama satu pekan ini, bermacam kegiatan lomba telah diadakan, hendaknya kegiatan-kegiatan itu meningkatkan kesadaran masyarakat Kapuas Hulu untuk menjunjung adat dan budayanya masing-masing," ujar pria yang akrab disapa Bang Sis ini. 

Bupati Sis mengapresiasi semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan. Dia juga mengucapkan selamat kepada para pemenang dan para peserta yang telah mengikuti lomba. "Generasi muda kita adalah generasi yang berkualitas, kreatif, berbudaya dan bermartabat, mereka tetap mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal dan bangga dengan identitas dirinya sebagai bangsa yang berbudaya yaitu bangsa Indonesia," tuturnya

Menurut Bupati Sis, PGD menjadi sarana masyarakat menggali, mengenali dan memahami nilai-nilai budaya tradisi yang sarat dengan kearifan dan tata nilai yang khas, serta membangkitkan gerakan ekonomi kerakyatan melalui kreatifitas dalam menciptakan produk produk ekonomi kreatif. 

"Kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan dan dievaluasi pelaksanaannya terutama dalam hal sasaran dan manfaat yang telah dicapai, kita berharap kegiatan ini punya out put yang baik," tuntasnya.

Penutupan PGD Kapuas Hulu dihadiri unsur Forkopimda Kapuas Hulu, pengurus dan anggota DAD Kapuas Hulu, Sekberkesda Kapuas Hulu, para Kepala OPD Kapuas Hulu, Sanggar dan Penggiat Seni Budaya Dayak se-Kapuas Hulu.

Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad