Perumda Tirta Uncak Kapuas Akan Sumbang Rp 192 Juta untuk PAD Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, July 15, 2024

Perumda Tirta Uncak Kapuas Akan Sumbang Rp 192 Juta untuk PAD Kapuas Hulu


Foto: Pemda Kapuas Hulu dan jajaran Perumda Tirta Uncak Kapuas saat pertemuan di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin (15/7/2024)/ Yohanes Santoso

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memimpin rapat tahunan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Uncak Kapuas di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin (15/7/2024). Dari rapat tersebut diketahui bahwa Perumda Tirta Uncak Kapuas berhasil dalam mengelola usaha air bersih dan bahkan membagikan keuntungannya untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kapuas Hulu.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kapuas Hulu, Budi Prasetyo, mengatakan bahwa Perumda Tirta Uncak Kapuas pengelolaan usahanya sudah baik, ini berdasarkan penilaian BPKP Perwakilan Kalimantan Barat. Dia juga menegaskan bahwa Pemda Kapuas Hulu mengapresiasi capaian yang baik pada Perumda Tirta Uncak Kapuas. "Dalam pencapaian deviden yang disampaikan pihak manajemen Perumda Tirta Uncak Kapuas kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu terlihat meningkat, sekitar Rp 192 juta lebih tahun ini, sedangkan tahun lalu Rp 85 jutaan," tuturnya.
Hal terpenting dari Permuda Tirta Uncak Kapuas, kata Budi, adalah tugas pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat, bila ada labanya untuk daerah, itu lebih baik. "Intinya arahan dari Bupati tadi, agar Perumda Tirta Uncak Kapuas tetap meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal air bersih, agar lebih baik lagi," tuntas Budi.

Sementara itu, Direktur Perumda Tirta  Uncak Kapuas, Sainihadi, menegaskan bahwa dalam pertemuan pihaknya dengan Bupati Kapuas Hulu dan jajaran Pemda Kapuas Hulu adalah untuk melaporkan progres yang sudah berjalan di Perumda Tirta Uncak Kapuas. Dari pertemuan tersebut Bupati telah memberikan pertimbangan, penilaian serta masukan dan saran. "Secara umum Bupati mengapresiasi progres yang telah dicapai oleh kami," tuturnya.
Saini mengatakan, pada tahun 2024 ini pihaknya akan menyetorkan deviden sekitar Rp 192 juta ke Pemda Kapuas Hulu, sebagai PAD. Ini memang meningkat sekitar 80 persenan dibanding tahun 2023. 
Dia juga menambahkan, saat ini Perumda Tirta Uncak Kapuas sedang membangun untuk melayani instalasi air di pusat kecamatan Bunut Hulu. "Nantinya sebelum 17 agustus itu sudah bisa dicoba dan dipakai. Semoga pak Bupati bisa meninjau ke sana," tegas Saini.
Kemudian, lanjutnya, dari masyarakat Desa Sibau Hulu sudah ada yang mengajukan untuk dapat pelayanan air bersih. Usulan tersebut akan diproses untuk selajutnya diupayakan mendapat fasilitas air bersih. "Seluruh biaya pembangunan layanan air bersih, kami upayakan secara internal, tidak lagi mengandalkan penyertaan modal APBD Kapuas Hulu," tuntasnya.

Dalam rapat tahunan Perumda Tirta Uncak Kapuas dengan Pemda Kapuas Hulu hadir Sekda Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini bersama para Kepala OPD Kapuas Hulu.
Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad