Ketum TBBR Ajak Masyarakat Dayak Persiapkan Diri untuk IKN - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, July 24, 2024

Ketum TBBR Ajak Masyarakat Dayak Persiapkan Diri untuk IKN


Foto: TBBR saat hadir di PGD Kapuas Hulu ke 3 di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (23/7/2024)/ Yohanes Santoso 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Ketua Umum Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR), James Mark, menghadiri di Pembukaan Pekan Gawai Dayak ke III Kabupaten Kapuas Hulu, Putussibau, Kalimantan Barat, Selasa (23/7/2024). Sabar turut memberi arahan dalam kegiatan tersebut, menggantikan Pangalangok Jilah, Pimpinan Besar Pasukan Merah TBBR.

Ketua Umum TBBR, James, menegaskan bahwa manusia tanpa adanya adat layaknya pohon tanpa akar alias mati. Dayak adalah suku yang menjunjung tinggi leluhur, sebab itu generasi muda Dayak harus melestarikan adatnya agar tidak lupakan jati dirinya sebagai seorang Dayak. "Agar Dayak bertahan sampai kapanpun," ucapnya.

Sekarang ini sudah ada IKN di pulau Kalimantan, maka Dayak harus terlibat disana nantinya. Untuk itu sumber daya manusia harus dibangun, terutama anak-anak muda Dayak harus dipersiapkan, sekolah dengan benar. "Jika ketinggalan pendidikan di era teknologi akan semakin tertinggal," tutur James.

Ia menjelaskan pemuda Dayak perlu mencontoh masyarakat Jepang, Korea dan RRC dari sisi kebudayaannya, bangsa negara tersebut berkembang dan budaya tidak ditinggalkan. "Semoga masyarakat Dayak dan TBBR Kapuas Hulu semakin hebat kedepannya," tuntasnya.

Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad