Kecamatan Embaloh Hulu Deklarasi ODF - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, June 24, 2024

Kecamatan Embaloh Hulu Deklarasi ODF

 


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan bersama Kadis Kesehatan P2KB Kapuas Hulu, Sudarso, Anggota DPRD Kapuas Hulu, Yanto, perwakilan Forkopimda Kapuas Hulu, perwakilan desa yang deklarasi ODF di Kecamatan Embaloh Hulu, Senin (24/6/2024)/ Yohanes Santoso  

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri acara deklarasi Open Defecation Free (ODF) oleh Kecamatan Embaloh Hulu, Senin (24/6/2024). Kegiatan dipusatkan di Martinus, Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

Camat Embaloh Hulu, Silvester Roni mengatakan bahwa deklarasi ODF tidak hanya dilakukan tingkat desa, tetapi juga se kecamatan Embaloh Hulu. Masyarakat Embaloh Hulu komitmen untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan menerapkan ODF.
"Seluruh desa di Embaloh Hulu sudah merubah perilaku hidup menjadi lebih sehat, semua sudah beralih dari jamban ke toilet di rumah-rumah," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu, Sudarso mengatakan bahwa ODF se kecamatan Embaloh Hulu adalah deklarasi se kecamatan yang pertama di Kapuas Hulu. "Karena Desa Pulau Manak, Desa Benua Martinus, Desa Benua Ujung dan Desa Ulak Pauk hari ini nyatakan ODF, maka se Kecamatan Embaloh Hulu seluruhnya telah ODF," ujarnya.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, menegaskan bahwa  Pemda Kapuas Hulu mengapresiasi masyarakat Embaloh Hulu, karena semuanya komitmen mendeklarasikan ODF. 
"Perilaku hidup bersih dan sehat harus terjaga, ODF akan mengurangi resiko diare, cacingan dan stunting di masyarakat," ujarnya "karena ODF adalah permulaan lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Saya tunggu Embaloh Hulu bisa STBM," tambah Fransiskus.
Bupati Fransiskus mengatakan beberapa waktu lalu Kapuas Hulu mendapatkan dua penghargaan penurunan stunting di Kapuas Hulu dari Pemprov Kalbar. "Ini karena keterlibatan seluruh masyarakat dan dukungan berbagai pihak," ucapnya.
Dalam kegiatan deklarasi ODF, Bupati Kapuas Hulu turut didampingi perwakilan jajaran Forkopimda Kapuas Hulu, para Kepala OPD Kapuas Hulu dan Anggota DPRD Kapuas Hulu, Yanto SP.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad