Wabup Wahyu Hadiri Peluncuran Pilbup dan Wabup Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Saturday, May 25, 2024

Wabup Wahyu Hadiri Peluncuran Pilbup dan Wabup Kapuas Hulu


Foto: Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat mengikuti peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu 2024 di GOR Uncak Kapuas, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat (24/5/2024)/ Yohanes Santoso 


Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat melakukan Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu Tahun 2024 di GUR Uncak Kapuas, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat (24/5/2024).

Ketua KPU Kapuas Hulu, Muhammad Yusuf, mengatakan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) adalah sarana kedaulatan rakyat untuk tentukan arah pembangunan. Keberhasilan Pemilu membutuhkan kerjasama semua komponen.
"Genderang Pilkada sudah berjalan, hari ini sebagai bagian sosialisasi kami tahapan Pilkada sudah dimulai. Tahapan Pilkada ada dua tahap besar, persiapan dan penyelenggaraan," tegasnya.
Yusuf menuturkan apresiasinya kepada Pemda Kapuas Hulu yang sudah menganggarkan untuk Pilbup dan Wabup Kapuas Hulu. Terkait dengan Calon Perseorangan, hingga pada akhir masa pendaftaran 12 Mei lalu, tidak ada balon perseorangan. "Untuk pelaksanan Pilkada di Kapuas Hulu akan dilaksanakan pada 27 November 2024," ujarnya.

Yusuf mengajak semua pihak untuk bekerjasama, cerdas dan kritis agar penyelenggaraan Pilkada sukses. "Kita semua ingin Pilkada yang aman lancar dan damai, kami tentu membutuhkan dukungan semua pihak agar Pilkada ini lancar aman dan damai," tuturnya.

Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat mengatakan bahwa Pemda Kapuas Hulu mengapresiasi KPU Kapuas Hulu yang menyelenggarakan kegiatan dengan baik. "Pemda Kapuas Hulu juga mengapresiasi seluruh pihak yang komitmen, menjaga dan mengawal Pemilu 14 Februari 2024 lalu, sehingga berjalan aman lancar dan damai," tuturnya.
Wabup mengatakan peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu kali ini adalah bentuk sosialisasi agar semua pihak tahu dan siap untuk mengikuti dan melaksanakan Pilkada.
Dalam proses Pilkada, lanjut Wahyu, KPU punya peran penting, seluruh tahapan harus dijalani dengan baik dan bertanggung jawab. Sosialisasikan perubahan aturan yang terjadi, agar aturan bisa dipahami seluruh pihak dan pemilu bisa berjalan lancar.
 "Komisioner harus bekerja cermat akurat dan profesional, bertanggung jawab. PPK dan PPS juga mesti bekerja sesuai ketentuan," ucapnya.
Pemda Kapuas Hulu juga berharap pihak keamanan dapat menyiapkan langkah tepat dan strategis dalam pengamanan pilkada. "Kepada ASN kami himbau agar netral, tidak memihak paslon tertentu," ujarnya.
Wahyu mengatakan Pilkada 2024 adalah yang serentak pertama untuk Pilgub, Pilbup dan Pilwako. Semua pihak mesti menjaga keamanan dan kedamaian daerah. "Kita ajak keluarga untuk cek masuk DPT kemudian salurkan hak pilih pada saat pemungutan suara," ucapnya.

Ketua KPU Kalbar, Muhammad Syarifuddin Budi, mengatakan bahwa peluncuran Pilkada ini adalah bentuk terimakasih kepada semua pihak, sebab Pemilu lalu berjalan lancar. "Sukses ini tidak hanya kerja KPU tapi kerja semua pihak termasuk masyarakat," tegasnya.
Namun, lanjutnya, semua pihak juga perlu kembali menata energi karena harus menyukseskan Pilkada Kapuas Hulu. Pilkada pada Rabu 27 Nov 2024. "Saat ini KPU memasuki masa pendataan pemilih, coklit akan dilaksanakan ke masyarakat. Sebentar lagi ada PPS dan KPPS," ucapnya. 
Nantinya, kata Syarifuddin, masyarakat ada dua jenis surat suara, satu surat suara untuk Pilgub dan Wagub, satu lagi surat suara untuk Pilbup dan Wabup, Pilwako dan Wawako. "Ini penting untuk masyarakat pahami, sebab kita memilih pemimpin lima tahun kedepan. Kita pilih pemimpin yang layak dan bertanggung jawab untuk daerah kita," tegasnya.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad