Bupati Sis Serahkan SK kepada 1586 P3K - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, April 29, 2024

Bupati Sis Serahkan SK kepada 1586 P3K


 Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyerahkan SK Kepada P3K yang lulus seleksi ASN tahun 2023 di Indoor Volley Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin (29/4/2024)/ Yohanes Santoso 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada 1586 orang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) yang lulus seleksi penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2023 lalu. Bupati Kapuas Hulu menyerahkan SK tersebut di Indoor Volley Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin (29/4/2024).
Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kapuas Hulu, Rudolfus Adji Winursito mengatakan dalam kegiatan ini pihaknya memfasilitasi pembukaan rekening dan menyerahkan SK P3K. Khusus untuk rekening BKPSDM Kapuas Hulu bekerjasama dengan Bank Kalbar Cabang Putussibau dan Semitau.
"Sebetulnya hari ini ada 1586 orang terima SK P3K. Namun ada 1 P3K tenaga teknis dari Semitau tidak hadir. Ini ada sanksi by system tidak bisa ikut seleksi satu kali penerimaan ASN," papar Adji.
Mereka yang menerima SK P3K kali ini, telah melewati seleksi CAT dan berakhir pada hari ini dengan penyerahan SK. Sebetulnya ada 1910 formasi yang terbuka pada tahun 2023, namun hanya 1606 orang dinyatakan lulus. Dari mereka yang dinyatakan lulus ada 18 mengundurkan diri baik dari formasi nakes, guru dan tenaga teknis. "Selain itu ada dua orang yang meninggal dunia saat mengambil nomor induk, itu dari formasi guru dan teknis. Jadi yang terima SK hari ini 1586 orang," tuturnya.
Terkait penempatan guru, kata Adji, itu ditentukan dari aplikasi Kemendikbud RI. Pemda hanya memetakan guru sesuai jabatan pada sekolah yang muncul dalam pilihan aplikasi. "Kalau tidak ikut aplikasi ini guru tidak bisa diusulkan dapat Nomor Induk Kepegawaian," paparnya.
Untuk seluruh P3K yang sudah terima SK hari ini, kata Adji, mereka akan terdata di Sistem Informasi ASN di BKN. Kalau mereka tidak menjalankan tugas akan diberhentikan dan sanksinya tidak bisa ikut seleksi P3K semur hidup. "Maka harus aktif dalam laksanakan tugas," tegas Adji.
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, mengatakan bahwa penyerahan SK ini adalah titik akhir pengadaan P3K, yg dimulai dari September 2023. Ini telah dilaksanakan sesuai mekanisme yang berlaku. "Selamat kepada seluruh P3K yang terima SK pada hari ini," ujarnya.
SK ini memberi kepastian karir sebagai seorang ASN dan juga menambah kesejahteraan. Namun, P3K juga punya tugas untuk melayani publik, tugas pemerintah dan tugas tertentu sewaktu-waktu. Kontrak kerja selama lima tahun akan dievaluasi. "Saya harapkan kalian semua segera melaksanakan tugas dengan baik di tempat tugas masing-masing," ujarnya.
Bupati Kapuas Hulu menjelaskan bahwa P3K tidak diperkenankan untuk dilakukan mutasi dari unit kerja yang ditetapkan. Kecuali setelah menyelesaikan masa kontrak dan dilakukan evaluasi nanti, setelah 4,5 tahun bekerja. "Terkait dengan satu p3k yang tidak ikut penerimaan SK hari ini, akan diproses oleh BKPSDM Kapuas Hulu," tuntasnya.
Penyerahan SK P3K oleh Bupati Kapuas Hulu turut disaksikan Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi, Sekda Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini serta para kepala OPD Kapuas Hulu.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad