Pj Gubernur Kalbar Arahkan Pemda Kapuas Hulu Permudah Investasi Masuk - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, March 6, 2024

Pj Gubernur Kalbar Arahkan Pemda Kapuas Hulu Permudah Investasi Masuk


Foto: Pj Gubernur Kalbar, Harisson saat menyampaikan arahannya kepada jajaran Pemda Kapuas Hulu pada Musrenbang RKPD Kapuas Hulu 2025 di Aula DPRD Kapuas Hulu, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (5/3/2024)/ Yohanes Santoso

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Pj Gubernur Kalbar, H. Harisson menghadiri Musrenbang RKPD Kabupaten Kapuas Hulu 2025 di Aula DPRD Kapuas Hulu, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (5/3/2024). Dalam Musrenbang tersebut, Pj Gubernur Kalbar mengarahkan agar Pemda Kapuas Hulu berfokus pada penanganan inflasi daerah, penguatan pangan serta mempermudah investasi masuk ke Kapuas Hulu.

Wabup Kabupaten Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat yang membuka Musrenbang tersebut menjelaskan bahwa Musrenbang sudah berjalan dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten. "Januari lalu kami sudah Musrenbang di desa, Februari dilaksanakan Musrenbang di masing-masing kecamatan Kecamatan, kemudian FPD Musrenbang Kabupaten pada Maret ini," ujar pria yang akrab disapa Wahyu ini.
Wahyu mengatakan bahwa Musrenbang itu penting untuk ketepatan RKPD tahun 2025. RKPD punya fungsi strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.
"RKPD harus mengacu RPJMD guna memastikan keberlanjutan pembangunan 20 tahun maupun lima tahun ke depan," ujarnya. 
Wahyu menambahkan RKPD harus sesuai tahapan dan tata cara RPJMD. Penjabaran RPJMD ke RKPD ke APBD 2025 harus terprogram dengan baik dan mengakomodir visi misi Kapuas Hulu Hebat. Program yang disusun juga harus masuk dalam SIPD Kemendagri.
"Dalam Musrenbang, pemangku kepentingan akan menyampaikan prioritas pembangunan daerah. Ini perlu pembahasan dan masukan yang konstruktif," tuntasnya.

Foto: Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat membuka kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2025 di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (5/3/2024)/ Yohanes Santoso 

Pj Gubernur Kalbar, H. Harisson mengatakan bahwa Pemda Kapuas Hulu perlu memperhatikan kondisi ekonomi Kalbar dalam penyusunan RKPD. Pemda Kapuas Hulu mesti meningkatkan komoditi unggulan Kalbar juga seperti kelapa sawit dan pangan. Selanjutnya beri kemudahan untuk investasi yang inklusif dan berkelanjutan. Kemudian penguatan pasar lokal, kendalikan inflasi pangan. "Jaga harga jangan semakin tinggi, sementara pendapatan masyarakat tetap," ujarnya.
Harisson menegaskan bahwa program pangan berkelanjutan harus diupayakan di Kapuas Hulu. Kembangkan juga ekonomi kros border memanfaatkan PLBN dan Terminal Barang, dorong perkembangan pariwisata dan ekonomi kreatif masyarakat perbatasan RI-Malaysia. "Kembangkan UMKM kita ke bisnis matching atau pasar yang tepat," tuntasnya.

Musrenbang RKPD Kapuas Hulu 2025 turut dihadiri Forkopimda Kapuas Hulu, para Kepala OPD dan Camat se Kapuas Hulu. Hadir pula jajaran BUMN dan BUMD yang ada di Kapuas Hulu.
Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad