Bupati Sis Instruksikan OPD Cari Tambahan Sumber Pembiayaan Pembangunan - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, March 4, 2024

Bupati Sis Instruksikan OPD Cari Tambahan Sumber Pembiayaan Pembangunan


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memberi arahan kepada para kepala OPD Kapuas Hulu saat membuka rapat FPD di Gedung DPRD Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin (4/3/2024)/ Istimewa 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan membuka rapat Forum Perangkat Daerah (FPD) se-Kapuas Hulu di Aula Gedung DPRD Kapuas Hulu, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin (4/3/2024). FPD adalah langkah awal dalam penyusunan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025. "Kegiatan ini harus benar-benar dipergunakan untuk merumuskan kebijakan, program, kegiatan dan sub kegiatan yang efektif, efisien. Kita harus benar-benar efisien dalam menggunakan sumberdaya pendanaan," tegas Bupati.
Mulai saat ini, seluruh OPD harus menghitung dengan cermat penggunaan sumberdaya pembangunan secara efektif. Setiap anggaran pembiayaan yang kita keluarkan sebagai belanja pemerintah daerah harus diperhitungkan capaian output dan out come secara akurat. Selain melakukan efisiensi dan efektivitas belanja dalam mengantisipasi keterbatasan penerimaan APBD, Bupati juga menegaskan kepada seluruh perangkat daerah untuk mengambil langkah-langkah mendapatkan sumber pembiayaan pembangunan lain. "Baik itu melalui APBD Provinsi, APBN maupun menggalang dukungan dari CSR perusahaan,' ungkap Fransiskus.
Bupati Kapuas Hulu juga menginstruksikan kepada OPD untuk memperbanyak komunikasi dengan stakeholder masing-masing, bangun jaringan komunikasi, persiapkan data-data dan dokumen pendukung, serta proaktif dan disiplin dalam mengajukan usulan. "Tindakan proaktif kita mencari informasi sangat diperlukan. Jangan hanya menunggu, tapi kejar peluang dengan maksimal. Dengan demikian kendala-kendala yang kita hadapi dapat ditangani dengan efektif, dan hasil pembangunan dapat dirasakan secara nyata dan cepat oleh masyarakat yang kita layani," tegas Fransiskus. 
Kegiatan dan sub kegiatan pembangunan tahun anggaran 2025 harus diarahkan pada terwujudnya produktifitas dan kualitas hidup masyarakat Kapuas Hulu yang harmonis dalam toleransi kerukunan umat beragama, budaya dan keamanan. Prioritas pembangunan diarahkan pada peningkatan kualitas infrastruktur dasar; peningkatan pelayanan ketentraman dan ketertiban umum; peningkatan sarana prasarana lainnya.
"Ketiga fokus prioritas pembangunan daerah tersebut haruslah menjadi perhatian secara khusus dari kita semua," tuntas Bupati Kapuas Hulu.
Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi dan anggotanya Joni Kamiso turut hadir dalam rapat FPD tersebut.
Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad