KPH Wilayah Kapuas Hulu Timur Adakan Konsultasi Publik NKT dan SKT - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, November 21, 2023

KPH Wilayah Kapuas Hulu Timur Adakan Konsultasi Publik NKT dan SKT

 


Foto: Konsultasi Publik Hasil Identifikasi Nilai Konservasi Tinggi (NKT) dan Stock Karbon Tinggi (SKT) di aula Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS) Kapuas Hulu, Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (21/11/2023)/ Yohanes Santoso
Kapuas Hulu, khatulistiwamedia -

Unit Pelaksanan Teknis (UPT) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah Kapuas Hulu Timur mengadakan Konsultasi Publik Hasil Identifikasi Nilai Konservasi Tinggi (NKT) dan Stock Karbon Tinggi (SKT) di aula Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (BBTNBKDS) Kapuas Hulu, Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (21/11/2023).

Kepala UPT KPH Wilayah Kapuas Hulu Timur, Marcelinus Rudi mengatakan bahwa konsultasi publik ini membahas hasil penelitian terhadap NKT dan SKT terutama tentang tantangan lingkungan dan isu karbon. Dokumen ini untuk Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang (RPHJP) UPT KPH Wilayah Kapuas Hulu Timur selama 10 tahun kedepan. "Identifikasi NKT dan SKT ini dilakuka di kecamatan Kalis dan Putussibau Selatan. Penelitian ini dilakukan agar kebijakan yang diberikan nantinya bisa tepat guna dalam tatakelola kehutanan," ujarnya.
Rudi menegaskan bahwa kelestarian lingkungan hidup merupakn tugas bersama, sebab itu pihaknya mengajak jajaran Pemda Kapuas Hulu dan para pihak untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. "Kegiatan ini untuk membangun komitmen kita dalam memperhatikan keberlangsungan lingkungan. Pembangunan yang kita lakukan tidak boleh merugikan generasi mendatang," kata Rudi.

Sementara itu Kabid Perlindungan Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KPSDAE) Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kalimantan Barat, Hairil Anwar mengatakan bahwa pertemuan konsultasi publik ini penting. Pelestarian keanekaragaman hayati yang ada di Kapuas Hulu adalah tujuan utama pertemuan ini. "Ini adalah langkah pertama diantara seluruh KPH se Kalbar, saya mengapresiasinya," tegas Anwar.
Kapuas Hulu punya daya dukung ekologi, contohnya Danau Sentarum. Danau ini bisa menjadi penampung air bila sungai kapuas sedang pasang dan penyeimbang terhada anak-anak sungai disekitarnya, saat sungai kapuas kering," papar Anwar.
Dalam menjaga konservasi dan keanekaragaman hayati, kata Rudi, memang perlu upaya hukum. "Konsultasi ini sangat mendukung dokumen kehati yang dilakukan Dinas LHK Kalbar. Semoga apa yang dilakukan ole KPH Wilayah Kapuas Hulu Timur bisa membawa manfaat bagi masyarakat,; tuntasnya. 

Konsultasi publik yang diadakan UPT KPH Wilayah Kapuas Hulu timur  turut menghadirkan perwakilan Dinas LHK Kalbar, Bappeda Kapuas Hulu, BBTNBKDS, Dinas PUPR Kapuas Hulu, Distanak Kapuas Hulu, Disporapar Kapuas Hulu, Kecamatan Putussibau Selatan, Utara dan Kalis, para Kepala UPT KPH se Kapuas Hulu, para Mitra juga NGO.
Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad