Bupati Sis Buka Festival Budaya Kayaan Mendalam 2023 - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, November 15, 2023

Bupati Sis Buka Festival Budaya Kayaan Mendalam 2023


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan membuka Festival Budaya Kayaan Mendalam 2023 secara simbolis memainkan musik tradisional bersama jajaran Forkopimda Kapuas Hulu di Desa Datah Diaan, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (15/11/2023)/ Yohanes Santoso

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan membuka Festival Budaya Kayaan Mendalam di Desa Datah Diaan, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (15/11/2023). Berbagai kesenian budaya Dayak Kayaan disuguhkan saat pembukaan festival tersebut.

Pembina Sangat Tubun Situn, Maura Marselina Hiroh menegaskan bahwa pembina dan pelestarian budaya sangat penting untuk menjaga identitas kebudayaan yang sudah ada. Budaya berperan penting dalam sektor wisata karena mampu menarik pengunjung dari berbagai wilayah dunia.
"Festival Budaya Kayaan Mendalam menampilkan talenta-talenta muda, banyak dari mereka yang tampil di ajang tingkat provinsi dan nasional," ujarnya. Maura menegaskan selain pelestarian budaya, festival tersebut turut mendorong ekonomi masyarakat setempat serta pelaku ekonomi kreatif. "Kami mengapresiasi Pemda Kapuas Hulu yang peduli dan mendukung pelaksanaan kegiatan ini dapat terselenggara hingga hari ini. Diharapkan kedepan kegiatan ini terus berlanjut," ujarnya.
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan bahwa Mendalam adalah wilayah yang mencakup lima desa, yaitu desa Datah Diaan, Sambus, Padua Mendalam, Tanjung Karang dan Ariung Mendalam. "Even ini menunjukan budaya Kayan ke masyarakat luar," ujarnya.

Bupati menegaskan akses ke Mendalam sudah mendukung untuk memaksimalkan pengambangan wisata dan budaya. "Mari kita ketahui adat dan budaya kita, jangan sampai canggihnya teknologi membuat kita meninggalkan budaya kita," ujarnya.

Bupati Sis menegaskan bahwa Pemda Kapuas Hulu sangat mendukung kegiatan yang mengarah pada pengembangan budaya. Tidak hanya Dayak tetapi seluruh suku yang ada di Kapuas Hulu. "Adakan lomba budaya dan pengajaran tentang budaya dari para orang tua. Generasi kayan harus semangat lestarikan budaya yang ada," ucapnya.
Bupati Sis mengatakan hal yang terpenting adalah masyarakat menjaga kegiatan budaya yang ada untuk tetap kondusif dan terlaksana dengan baik. "Agar kegiatan dapat terus berjalan dan memberi dampak ekonomi kepada masyarakat setempat, pelaku ekonomi kreatif dan pedagang kaki lima," ucap Bupati.
Saat pembukaan Festival Budaya Kayaan Mendalam hadir jajaran Forkopimda Kapuas Hulu, Sekda Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini, Anggota DPRD Kapuas Hulu, Yanto SP serta para Kepala OPD Kapuas Hulu.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad