Desa Kedamin Darat dan Sibau Hulu Ditetapkan Jadi Kampung Moderasi Beragama - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, October 10, 2023

Desa Kedamin Darat dan Sibau Hulu Ditetapkan Jadi Kampung Moderasi Beragama


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan dan Kakankemenag Kalbar, Muhajirin Yanis melaunching Kampung Moderasi Beragama di Kantor Kemenag Kapuas Hulu, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (10/10/2023)/ Yohanes Santoso 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melaunching Kampung Moderasi Beragama, Desa Sibau Hulu (Kecamatan Putussibau Utara) dan Kedamin Darat (Kecamatan Putussibau Selatan) Selasa (10/10/2023). Kegiatan tersebut diadakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu.
Kakankemenag Kapuas Hulu, Mad Rais, mengatakan bahwa keharmonisan dan kerukunan sangat nampak di Kapuas Hulu. Dua desa yang ditetapkan sebagai Kampung Moderasi Beragama ini hanya sebagian kecil dari desa-desa yang tersebar di 23 kecamatan Kapuas Hulu. "Kapuas Hulu ini rukun dan harmonis, Forkopimda juga sangat kompak, saya betah di sini," ujarnya "Kampung moderasi beragama ini adalah bingkai untuk mewujudkan keharmonisan bersama," ujarnya.
Kakankemenag Kalbar, H Muhajirin Yanis, mengatakan bahwa dirinya senang berada di Kapuas Hulu, kondisinya nyaman. Muhajirin menegaskan bahwa Kapuas Hulu merupakan kabupaten terakhir yang dilaunching Kampung Moderasi Beragama. "Karena Kapuas Hulu sudah launching berarti 14 kabupaten/kota se Kalbar sudah mempunyai Kampung Moderasi Beragama," ucapnya.
Muhajirin mengatakan Kampung Moderasi Beragama adalah sampel saja untuk memotivasi terwujudnya moderasi beragama, hidup rukun satu sama lain. Sebetulnya harmonis itu sudah jauh-jauh hari terbentuk. "Agama yang diakui oleh negara kita, semua mengajarkan keadilan, kejujuran dan ketuhanan. Sedangkan upaya penguatan moderasi agama adalah prioritas Kemenag," ujarnya.
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan bahwa moderasi beragama adalah komitmen harmonisasi beragama. Adanya desa yang terpilih sebagai kampung moderasi beragama akan jadi rol model tentang indahnya persatuan dan persaudaraan. "Masyarakat harus mendukung program ini untuk memperkuat kerukunan dan toleransi beragama," ungkapnya.
Bupati Fransiskus Diaan mengatakan bahwa harmonis adalah visi misi pertama Pemerintah Kapuas Hulu saat ini. Kalau tidak harmonis maka akan sulit bagi semua pihak membangun daerah. "Kalau harmonis semua saling mendukung dalam membangun daerah. Kapuas Hulu sudah harmonis tinggal kita sama-sama membangun Kapuas Hulu lagi," tuntasnya.
Dalam launching kampung moderasi beragama, hadir Forkopimda Kapuas Hulu, MUI, NU, FKUB dan Ormas keagamaan di Kapuas Hulu, jajaran Kantor Kemenag Kapuas Hulu, Camat Putussibau Utara dan Selatan, Kades Sibau Hulu dan Kedamin Darat.
Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad