Ribuan Warga Hadiri Pembukaan Festival Budaya Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, June 12, 2023

Ribuan Warga Hadiri Pembukaan Festival Budaya Kapuas Hulu

Foto: Sekda Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini bersama jajaran Forkopimda Kapuas Hulu membuka kegiatan dengan membunyikan alat musik tradisional kangkuang, gong dan tar. Minggu (11/6/2023)/ Yohanes Santoso

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Festival Budaya Kabupaten Kapuas Hulu telah dimulai. Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini membuka secara resmi kegiatan tersebut di GOR Uncak Kapuas, Pukul 19.00 WIB, Minggu (11/6/2023). Festival Budaya Kabupaten Kapuas ini diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu. Ribuan warga hadir pada saat pembukaan itu. Pembukaan berlangsung meriah dengan parade peserta dan pertunjukan kesenian tari kuda lumping, atraksi barongsai, tarian Dayak dan tarian Melayu. Selain dapat suguhan kesenian budaya, pengunjung juga dapat menikmati beragam kuliner, serta dapat membeli bingkisan pernak pernik kerajinan lokal. Pengunjung yang hadir selain dari warga lokal Kapuas Hulu hadir pula beberapa wisatawan mancanegara.
Ketua Panitia Festival Budaya Kapuas Hulu tahun 2023, Petrus Kusnadi mengatakan bahwa kegiatan festival budaya tersebut sebagai rangkaian acara peringatan HUT Kota Putussibau ke 128. "Kapuas Hulu punya beragam budaya, pakaian daerah, tarian musik dan lainnya. Semua itu kita tampilkan di festival budaya ini untuk memeriahkan HUT kota Putussibau," tegasnya.
Tema yang diangkat dalam festival ini adalah Harmonis dalam Keberagaman. Terdapat lomba musik etnik, tari, drama, menyanyi solo, peraga busana. Kegiatan ini akan berakhir 17 Juni 2023. "Malam penutupan akan ada hadir artis ibu kota, Iva Lola," ucap Kusnadi. "Saya juga mengapresiasi masyarakat yang memberi tempat bagi kontingen dan mendukung kegiatan ini terlaksana dengan baik. Mari sukseskan bersama-sama kegiatan saat ini," tuntasnya. 
Sekda Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini mengatakan bahwa budaya yang ada saat ini adalah peninggalan nenek moyang. Agar budaya ini tidak punah maka perlu upaya pelestarian budaya, dengan begitu budaya tidak punah. "Kapuas Hulu punya beragam suku dan ini membuat Kapuas Hulu syarat bernilai luhur. Kegiatan ini adalah salah satu upaya kita mempertahankan adat budaya kita," tuturnya. 
Festival ini, kata Sekda, akan menjadi sarana meningkatkan animo generasi muda terkait budaya, kemudian akan membangkitkan daya kreativitas produksi ekonomi kreatif. "Harapannya kegiatan ini bisa diadakan setiap tahun dan terus dievaluasi capaian sasaran agar kegiatan semakin baik," tuntas Sekda.
Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad