Bupati Sis Tinjau Lokasi Banjir Bandang dan Longsor di Bunut Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Friday, May 26, 2023

Bupati Sis Tinjau Lokasi Banjir Bandang dan Longsor di Bunut Hulu


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meninjau lokasi longsor di Desa Riam Piyang, Jumat (26/5/2023)/ Yohanes Santoso 
Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengunjungi lokasi bencana banjir bandang di Desa Sungai Besar dan longsor di Desa Riam Piyang, Kecamatan Bunut Hulu, Jumat (26/5/2023). Bupati menemui para korban sekaligus meninjau rumah warga dan fasilitas umum yang rusak akibat bencana alam tersebut.
Kades Sungai Besar, Syahrial, menceritakan bencana banjir bandang di desanya terjadi saat Pukul 03.00 WIB, dini hari. Karena warga sedang tidur tidak banyak benda yang bisa diselamatkan.
"Perabotan banyak tidak bisa diselamatkan, motor juga terendam.  Selain enam rumah warga ada persawahan turut kena banjir bandang ini," ujarnya di hadapan Bupati Sis dan Wabup, Wahyudi Hidayat.
Syahrial menjelaskan bahwa banjir bandang tersebut yang terbesar. Ini diduga akibat pendangkalan di sungai Sirak.
"Ini karena pendangkalan sungai Sirak, jadi air bergeser ke sini," ucapnya.
Selain ke Desa Sungai Besar, Bupati Sis turut meninjau lokasi longsor di Riam Piyang. Ada tiga rumah warga yang dipantau oleh Bupati. Bupati Sis mengarahkan kepada pihak desa Sungai Besar dan Riam Piyang untuk segera memberi laporan dan data korban kepada BPBD Kapuas Hulu untuk mendapatkan bantuan. Bupati Sis juga turut menyapa para korban dan menyampaikan keprihatinannya atas musibah tersebut. "Kepada warga agar sabar dan tabah atas musibah ini. Pemda akan berupaya memberikan bantuan namun pihak desa juga harus menyampaikan data-data yang dibutuhkan," tuntasnya.
Pada peninjauan lokasi longsor dan banjir bandang di Bunut Hulu, Bupati turut didampingi Kadis PUPR Kapuas Hulu, Marthen, Kepala BPBD Kapuas Hulu, Gunawan, Kabag Umum Setda-KH, Wily Brordus Lasah, Forkopincam Bunut Hulu.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad