Bupati Sis Buka TMMD Ke 116 di Mentebah - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, May 10, 2023

Bupati Sis Buka TMMD Ke 116 di Mentebah


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menandatangani dokumen pekerjaan TMMD ke 116 saat acara pembukaan di Mentebah, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (10/5/2023)/ Rovi Andila 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan membuka kegiatan TNI Manungal Membangun Desa (TMMD) Ke 116 Tahun 2023 di Desa Menaren, Kecamatan Mentebah, Kabupaten Kapuas Hulu, pada Rabu (10/05/2023). Kegiatan TMMD Ke 116 Tahun 2023 akan membuka akses darat dari Desa Tanjung menuju Desa Bahenap mulai dari tanggal 10 Mei - 8 Juni 2023.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, mengatakan TMMD merupakan program lintas sektoral sebagai wujud kemanunggalan TNI dan masyarakat yang menjadi satu kekuatan untuk memajukan desa. TMMD juga turut mengangkat potensi dan kearifan lokal serta mengatasi berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. 
"Ini adalah implementasi komitmen TNI dan pemerintah daerah dalam melestarikan semangat dan budaya luhur kehidupan bermasyarakat kita, yaitu gotong royong. TMMD diharapkan dapat mempunyai daya ungkit yang signifikan pada masa pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19," tegasnya. 
Bupati Sis berharap sinergitas yang semakin baik antara jajaran TNI dengan Pemerintah Daerah Kapuas Hulu dan seluruh komponen masyarakat dalam membangun daerah.
Tmmd 2023 kali ini akan dilaksanakan selama satu bulan, dimulai tanggal 10 mei sampai dengan 8 juni 2023. Kegiatan dipusatkan di Desa Bahenap Kecamatan Kalis dan Desa Tanjung Kecamatan Mentebah, dengan fokus kegiatan fisik adalah pembersihan dan pengupasan badan jalan dari Desa Bahenap menuju Desa Tanjung sepanjang 7 km, pembangunan dan perbaikan 18 unit jembatan log dan pembuatan gorong-gorong. Selain kegiatan fisik tersebut, ada juga kegiatan non fisik pendukung berupa ketahanan pangan: pembuatan kolam ikan dan pembuatan kebun percontohan, penyuluhan tentang wawasan kebangsaan, kamtibmas, karhutla, werfing anggota tni, bahaya narkoba, stunting posyandu dan posbindu Penyakit Tidak Menular (PTM).  "Seluruh pembiayaan kegiatan tersebut bersumber dari APBD Kabupaten Kapuas Hulu tahun anggaran 2023," ucap Bupati Sis.
Bupati Sis berpesan agar TNI dan masyarakat terus pelihara semangat kebersamaan, bangkitkan dan pelihara terus semangat gotong royong. Untuk para prajurit TNI, anggota Polri yang tergabung dalam satgas TMMD, Bupati Sis meminta agar menjalin silaturahmi dan hubungan baik. "Kepada kepala desa dan masyarakat desa Bahenap dan Tanjung, saya berharap agar dapat bersinergi dan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan kegiatan TMMD, baik program fisik maupun non fisik," tuntas Bupati. 

Penulis: Rovi Andila 
Editor: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad