Bupati Sis Buka Aksi GERMAS di Silat Hilir - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Friday, May 12, 2023

Bupati Sis Buka Aksi GERMAS di Silat Hilir


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memberi arahan dalam kegiatan GERMAS dalam rangka peringatan HUT IBI ke 72 di Desa Miau Merah, Silat Hilir, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (11/5/2023)/ Yohanes Santoso


Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan menghadiri kegiatan aksi gerakan masyarakat hidup sehat dalam rangka peringatan HUT Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 72, di Desa Miau Merah, Kecamatan Silat Hilir, Kapuas Hulu, pada Kamis (11/05/2023). Ada pun kegiatan yang dilaksanakan diantaranya, Deklarasi Bumil Sehat, Aksi Bergizi, Pelayanan KB dan Pelayanan Kesehatan Terpadu. 
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan GERMAS adalah gerakan pemberdayaan bersama masyarakat mulai dari gerakan aksi bergizi pada anak sekolah, pelayanan kesehatan terpadu pada masyarakat hingga gerakan ibu hamil sehat. 
Untuk aksi gizi, kata Bupati, ini adalah salah satu upaya strategis dalam meningkatkan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah pada remaja putri, edukasi gizi yang bersifat multi-sektor dengan tujuan mempromosikan asupan makan yang sehat dan aktivitas fisik.
“Serta komunikasi edukasi untuk perubahan perilaku yang relevan dan komprehensif yang juga merupakan salah satu indikator layanan intervensi gizi spesifik dalam percepatan penurunan stunting,” ujarnya.
Untuk aksi pelayanan kesehatan terpadu, kata Bupati, itu ditujukan kepada masyarakat umum untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, ini agar masyarakat dapat hidup sehat dan produktif. Kesehatan merupakan prioritas dalam menjalani kehidupan yang berkualitas. 
Untuk gerakan ibu hamil sehat, itu adalah pelayanan kesehatan masa hamil yang ditujukan kepada semua ibu hamil melalui, pemeriksaan USG pada hamil, edukasi gerakan ibu hamil sehat dengan melakukan sarapan bersama, minum tablet tambah darah bersama serta melakukan senam ibu hamil. "Deklarasi ibu hamil sehat, itu adalah komitmen bersama ibu hamil dalam melakukan pemeriksaan sesuai standar selama kehamilan dan persalinan,” ujarnya. 
Bupati Sis menyampaikan, strategi pencapaian penurunan AKI dan AKB adalah melalui peningkatan akses pelayanan, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, peningkatan pemberdayaan masyarakat dan penguatan tata kelola, dengan salah satu upaya terobosan adalah dengan gerakan masyarakat hidup sehat, dan dilaksanakan secara bertahap, sehingga mendukung pencegahan stunting secara nasional.
“Saya melihat kegiatan-kegiatan seperti sangat bermanfaat langsung kepada masyarakat. Pemerintah Daerah Kapuas Hulu siap mendukung pelaksanaan HUT IBI ke-72 tingkat provinsi Kalimantan Barat di kabupaten Kapuas Hulu,” tuntasnya.

Penulis: Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad