Tingkatkan Kemampuan Fiskal Daerah, Gubernur Kalbar Sarankan Pemda Kapuas Hulu Naikan NJOP - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, March 13, 2023

Tingkatkan Kemampuan Fiskal Daerah, Gubernur Kalbar Sarankan Pemda Kapuas Hulu Naikan NJOP


Foto: Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji/ Yohanes Santoso 
Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), H. Sutarmidji hadir di Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Kapuas Hulu di Putussibau, Senin (13/3/2023. Dalam pertemuan tersebut Gubernur Sutarmidji turut memberi solusi bagi Pemda Kapuas Hulu dalam rangka menaikan fiskal daerah.

Gubenur Kalbar, H. Sutarmidji mengatakan bahwa Kabupaten Kapuas Hulu wilayahnya terluas di Kalbar. Sebagian besar wilayah Kapuas Hulu juga kawasan hutan. Untuk meningkatkan kemampuan fiskal memang tak gampang, tapi bukan berarti tidak bisa. "Kita perlu data yang valid dan akurat. Data kita selama ini tidak terupdate dengan baik, akibatnya program sulit tercapai, program jadi boros dan tidak mendukung capaian," ucapnya.

Untuk menaikan fiskal daerah, kata Gubernur Kalbar, Pemda Kapuas Hulu bisa mengevaluasi NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) Perkotaan. Nilai transaksi selama ini selalu lebih tinggi dari nilai pasar, maka NJOP bisa dinaikan atau dekatkan menjadi 80 persen dari nilai pasar. Hal ini akan membuat BPHTB naik juga namun tidak sebesar harga jual. Ini tidak akan merugikan karena aset dijual selalu ada nilai tambah dari hasil pembangunan. "Ini bisa dikaji Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) tentang NJOP. Saya yakin pembangunan di Kapuas Hulu akan semakin baik dan berkembang," terang Sutarmidji.
Hal lain yang perlu jadi perhatian Pemda Kapuas Hulu adalah angka kemiskinan yang tinggi, sekarang ini berada diatas se-Kalbar. Kemudian pengangguran, walau angkanya mulai turun tetap harus jadi perhatian. "Lalu angka stunting yang cendrung naik. Namun ini biasanya masalah data, harus by name by address agar akurat dan biasanya angka stunting itu akan rendah," tuntas Gubernur Kalbar.
Dalam kegiatannya di Putussibau, Gubernur Kalbar turut menyalurkan motor sebanyak 43 unit kepada para Kepala Desa di Kapuas Hulu. Sebelumnya Gubernur Kalbar telah menyalurkan 10 unit motor di Pontianak, kepada para Kades di Kapuas Hulu. Gubernur Kalbar juga turut menyalurkan dana hibah kepada beberapa Masjid serta penghargaan kepada para Kepala Desa.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad