Enam Jenis Adminduk Ada di IKD - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, March 16, 2023

Enam Jenis Adminduk Ada di IKD


Foto: Usmandi, Kadisdukcapil Kapuas Hulu/ Rovi Andila
Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (DUKCAPIL) Kabupaten Kapuas Hulu, Usmandi mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan pelayanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). IKD sendiri adalah informasi elektronik yang digunakan untuk mempresentasikan dokumen kependudukan dan data balikan dalam aplikasi digital melalui handphone Android.
“Dengan menggunakan IKD, masyarakat tidak perlu lagi membawa banyak kartu di dalam dompet karena cukup dengan membawa handphone Android yang telah terintegrasi IKD,” katanya saat ditemui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, pada Rabu (15/3/2023).
Usmandi menjelaskan, bahwa penerapan IKD merupakan arahan dan kebijakan nasional yang tertuang dalam Permendagri 72 Tahun 2022 tentang Standar dan Spesifikasi Perangkat Keras, Perangkat Lunak, dan Blangko KTP-El serta Penyelenggaraan Identitas Kependudukan Digital, serta Surat Edaran dari Dirjen Kependudukan catatan sipil tentang Penerapan IKD.
“Karena ini merupakan program dari Pemerintah Pusat jadi segera kita penuhi dan jalankan. Jadi dengan adanya IKD ini, masyarakat tidak perlu lagi mencetak blangko KTP-El cukup dengan IKD sudah bisa digunakan secara legal dan semestinya,” ungkapnya.
Tambah Usmandi, ada enam jenis kartu yang bisa terintegrasi menjadi satu di aplikasi IKD, yakni Kartu Keluarga (KK), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Kartu Vaksin, Kartu Pemilih Tetap untuk Pemilu Tahun 2024, dan lainnya yang tercover oleh Nomor Induk Kependudukan. Aktivasi IKD sendiri cukup mudah, yaitu dengan menyiapkan KTP Elektronik, handphone Android, dan email yang aktif. Untuk aplikasi IKD dapat di unduh pada Playstore.
“Jadi sangat mudah juga untuk Aktivasi IKD ini cukup menyiapkan KTP Elektronik, Handphone Android, dan Email yang aktif. Aplikasi IKD dapat di download pada playstore,” pungkasnya. 
Penulis: Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad