Pemda Kapuas Hulu Terima Penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, February 15, 2023

Pemda Kapuas Hulu Terima Penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan


Foto: Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menerima penghargaan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan Kapuas Hulu pada Pemda Kapuas Hulu di Putussibau, Rabu (15/2/2023)/ Yohanes Santoso

Kapuas Hulu, khatulsitiwamedia.com-
Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat membuka kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Integrasi Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) dalam pembangunan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu di ruang rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (15/2/2023). Kegiatan tersebut melibatkan pihak BPJS Ketenagakerjaan Kapuas Hulu dan para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu. Pihak BPJS Ketenagakerjaan Kapuas Hulu juga memberikan penghargaan kepada Pemda Kapuas Hulu dalam pertemuan tersebut.
Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menegaskan dalam FGD tersebut bahwa para tenaga kerja sangat perlu Jamsostek. Jamsostek akan memberi santunan kepada pesertanya yang mengalami kecelakaan kerja. "Jamsostek ini bisa dibilang mencegah kantong kemiskinan baru, bila pekerja mengalami kematian dan kecelakaan kerja. Para pekerja ini biasanya adalah tulang punggung keluarga, harapan utama dalam ekonomi keluarga," tegas Wabup.
Wabup juga menginstruksikan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kapuas Hulu bersinergi dengan BPJS Ketenagakerjaan Kapuas Hulu. Perlu adanya rencana kerja untuk perlindungan bagi para kerja yang saat ini ada di masing-masing OPD. "Saya minta dari OPD lakukan monitoring, kalkulasi kesanggupan pembayaran untuk para pekerja hingga ke RT/RW. Semua yang rentan harus dilindungi jamsostek," ujarnya.
Wabup menilai adanya Jamsostek mendukung upaya penghapusan kemiskinan ekstrim di Kapuas Hulu. Pasalnya ada santunan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan kepada keluarga peserta Jamsostek yang meninggal dunia atau mengalami kecacatan akibat kecelakaan kerja. "Salah satu Instruksi Presiden Jokowi adalah tentang percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim, penerapan Jamsostek turut mendukung hal ini," tuntas Wahyudi Hidayat. 
Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad