Wabup Wahyu Tegaskan Jasa Transportasi Sungai Harus Penuhi Dokumen Hukum - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, November 23, 2022

Wabup Wahyu Tegaskan Jasa Transportasi Sungai Harus Penuhi Dokumen Hukum


Foto: Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat saat memberi arahan dalam kegiatan penertiban dokumentasi setatus hukum kapal di Putussibau, Rabu (23/11/2022)/Istimewa

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Wakil Bupati (Wabup) Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menghadiri pelaksanaan kegiatan penertiban dokumentasi status hukum kapal Balai Pengelola Transportasi Sungai wilayah XIV Kalimantan Barat, di Dermaga Apung Dishub Kapuas Hulu, Putussibau, Rabu (23/11/2022). Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ini penting untuk diadakan agar transportasi sungai di Kabupaten Kapuas Hulu dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.
"Kapuas Hulu adalah kabupaten yang dikelilingi oleh sungai terpanjang di Indonesia yaitu sungai Kapuas. Sebagian besar penduduknya masih menggunakan transportasi sungai untuk kehidupan sehari-hari," ujar Wahyu.
Ia menjelaskan bahwa masyarakat Kecamatan Embaloh Hilir, Bunut Hilir, Jongkong dan beberapa kecamatan lainnya masih mengandalkan transportasi sungai. Oleh sebab itu butuh pendampingan agar transportasi sungai di Kabupaten Kapuas Hulu dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku dan legal secara hukum. "Saya menghimbau kepada para pelaku usaha transportasi sungai dan danau, khususnya para motoris kapal agar dapat selalu proaktif dalam mengikuti kegiatan ini. Semua harus lenkapi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan sehingga dokumen status hukum kapal ini segera dapat diterbitkan," ujarnya.
Ia juga menegaskan bahwa Pemerintah Daerah akan melakukan kontrol. Sebab itu pelaku usaha transportasi sungai harus memastikan angkutan sungai dan danaunya laik beroperasi.  "Pelaku jasa transportasi sungai harus memastikan armada sungai dan danaunya berjalan dengan aman, nyaman dan memenuhi standar keselamatan," tuntas Wabup.

Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad