Anggaran Program GIZ di Kapuas Hulu Rp 64 Miliar - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, November 28, 2022

Anggaran Program GIZ di Kapuas Hulu Rp 64 Miliar


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memberi arahan saat rapat bersama GIZ di Putussibau, Senin (28/11/2022)/Yohanes Santoso 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
GIZ dan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu menggelar pertemuan di ruang rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, Putussibau, Senin (28/11/2022). Pertemuan tersebut membahas kelanjutan program dari GIZ pada tahun 2023-2025 dengan anggaran sebesar Rp 64 miliar.
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan bahwa terkait perencanaan kedepan dari GIZ sudah menyentuh visi misi kepala daerah Kapuas Hulu. Program ini berlangsung dari 2023 sampai 2025.
"Program yang kami lihat sejalan diantaranya program membangun tata kelola niaga dan komoditi petani, karet, madu, ikan arwana. Semoga dengan program GIZ dapat membantu sertifikasi sawit mandiri, agar masyarakat bisa menjual hasil sawitnya ke perusahaan," ujar Bupati.
Bupati Sis menjelaskan bahwa anggaran program GIZ selama tiga tahun tersebut sebesar Rp 64 miliar. Angka anggaran ini cukup besar. "Kalau betul-betul dikelola maka sangat membantu ekonomi masyarakat, terutama mereka yang jadi target program GIZ. Kami lihat dampak program lumayan baik, terutama dalam peningkatan perekonomian masyarakat," ujarnya.
Bupati yang akrab disapa Bang Sis ini memberi masukan agar GIZ turut memprogramkan untuk infrastruktur. Dengan demikian dapat mendorong keluarnya hasil-hasil pertanian untuk dijual ke pasaran.
"Semoga dari dana ini bisa membantu kami dari sisi infrastruktur jalan atau jembatan. Bagaimana kita bisa keluarkan hasil alam untuk dipasarkan kalau infrastruktur terbatas," ujarnya.
Bupati menuturkan pimpinan GIZ sudah menjelaskan bahwa mereka berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian untuk program-programnya. Sebab itu, Bupati juga berharap agar GIZ dapat membantu untuk mendorong legalitas kratom. 
"Kratom sangat membantu masyarakat kami. Kalau sudah ada kepastian hukum ini bisa dikelola dengan leluasa," tuntasnya.

Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad