Wabup Kapuas Hulu Buka Bimtek Sertifikasi BUMDes - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, October 20, 2022

Wabup Kapuas Hulu Buka Bimtek Sertifikasi BUMDes


Foto: Bimbingan teknis registrasi sertifikasi badan hukum dan pengelolaan Badan Usahanya Milik Desa (BUMDes) di aula TNBKDS Kapuas Hulu, Kamis (20/10/2022)/Rovi Andila

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat membuka acara bimbingan teknis registrasi sertifikasi badan hukum dan pengelolaan Badan Usahanya Milik Desa (BUMDes) di kabupaten Kapuas Hulu tahun 2022. Kegiatan tersebut dilakukan di aula TNBKDS Kapuas Hulu, Kamis (20/10/2022).  Kegiatan diikuti 63 orang peserta. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kapuas Hulu, Rupinus mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang tata kelola manajemen dan kelembagaan kepada BUMDes. Khususnya BUMDes yang belum memiliki Sertifikat Badan Hukum dan Penyusunan Dokumen Administrasi BUMDes atau BUMDes Bersama. 
"Para peserta adalah Kepala Desa dan Direksi BUMDes  di 30 desa di Kabupaten Kapuas Hulu. Peserta yang hadir pada hari ini sebanyak 63 orang," ujarnya. 

Rupinus menuturkan materi yang akan dibahas pada pelaksanaan Bimtek diantaranya Peraturan Pemerintah nomor 11 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis dalam Melakukan Pendaftaran Sertifikat Badan Hukum BUMDes, Laporan Hasil Pemeriksaan Pengelolaan BUMDes, Simulasi Registrasi Pendaftaran Sertifikat Badan Hukum Bumdes. 
"Selain itu materi Penyusunan Laporan Keuangan Bumdes, Review dan Evaluasi Laporan Keuangan Bumdes," ujarnya. 

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat mengatakan kegiatan bimbingan teknis adalah upaya strategis Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dalam rangka melaksanakan ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa.  Bimtek ini juga memberi pemahaman tentang Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Nomor 3 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pendaftaran, Pendataan Dan Pemeringkatan, Pembinaan Dan Pengembangan, Dan Pengadaan Barang Dan /Atau Jasa Badan Usaha Milik Desa/Badan Usaha Milik Desa Bersama.
Pemerintah Daerah berusaha secara terus menerus membina dan memberikan kesempatan serta kemudahan kepada Pemerintah Desa untuk membentuk BUMDes dan mengembangkan usahanya.
"Hal Ini Sesuai Dengan Misi Kedua Kapuas Hulu Hebat Yaitu mewujudkan Kapuas Hulu Yang Kreatif Menuju Desa Mandiri, Pengembangan Aktivitas Ekonomi Yang Adil Dan Pro Rakyat Serta Ramah Investasi," tuntas Wabup.

Penulis: Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad