UMKM Perikanan Jongkong Antusias Ikut Temu Teknis Akses Permodalan UMKM Perikanan Bersama Yessy - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Sunday, October 9, 2022

UMKM Perikanan Jongkong Antusias Ikut Temu Teknis Akses Permodalan UMKM Perikanan Bersama Yessy


Foto: Temu Teknis Akses Permodalan UMKM Perikanan Bersama LPMUKP KKP RI di Desa Jongkong Pasar, Kecamatan Jongkong, kabupaten Kapuas Hulu, provinsi Kalimantan Barat, Kamis (06/10/2022)/Istimewa

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Anggota Komisi IV DPR RI Dapil KalBar II Fraksi NasDem, Yessy Melania menginisiasi Program Temu Teknis Akses Permodalan UMKM Perikanan Bersama LPMUKP KKP RI di Desa Jongkong Pasar, Kecamatan Jongkong, kabupaten Kapuas Hulu, provinsi Kalimantan Barat, Kamis (06/10/2022). Ia menghadirkan UMKM Perikanan Jongkong dan mendorong para pelaku UMKM untuk Naik Kelas. Para pelaku UMKM di Jongkong mendapatkan materi dari LPMUKP Pusat KKP RI & BRI Cabang Tepuai sebagai pendukung modal kedepannya. Acara tersebut dihadiri oleh PLT. Kadis Perikanan Kapuas Hulu, Triwati, Anggota DPRD Kapuas Hulu, Syaiful Anwar, dan Richard seorang pengusaha ikan Semah di Kapuas Hulu. 

Foto: Pengarahan dari narsum kepada peserta kegiatan/istimewa

Yessy menggelar temu teknis dengan harapan merealisasikan keinginan para Pelaku UMKM dalam mengakses modal. Agar peningkatan kesejahteraan, pengelolaan produk dan perluasan pasar bagi pelaku UMKM Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu. Dalam arahan dan sambutannya yang diwakili tenaga ahli bidang Kelautan dan Perikanan, Yesaya Pamungkas menyampaikan bahwa Dana Bergulir BLU LPMUKP KKP RI bisa dimanfaatkan oleh perorangan, kelompok, koperasi, dan badan usaha. Tarifnya pun terjangkau 3% di luar provisi dan administrasi. Dana yang tersedia hingga 1,3 Triliun. Menurut data Kalbar II hanya mampu menyerap Rp 3 miliar setahun, ini menurut PPL LPMUKP. Kategori usaha kemudian dibagi menjadi 3 yakni mikro, kecil dan menengah. Dananya mulai 0 sampai 10 miliar. "Tentu persyaratan dan ketentuan berlaku melihat RAB dan Kebutuhan Anggaran Bagi Pengembangan UMKM Perikanan sehingga dapat akses pembiayaan BLU LPMUKP," terangnya. 


Yesaya menegaskan atas nama Anggota DPR RI Komisi IV, pihaknya mengapresiasi semua pihak yang telah berpartisipasi dan mensukseskan acara Temu Akses Permodalan LPMUKP ini. Terutama untuk jajaran LPMUKP, Kementerian Kelautan & Perikanan RI dan Pemda Kab. Kapuas Hulu. "Kiranya kita bersama bisa menggembangkan usaha perikanan juga memajukan sektor perikanan Kabupaten Kapuas Hulu kedepan. Sebab masih banyak potensi perairan umum darat yang dapat dimaksimalkan kedepannya," tuntas Yesaya.

Penulis :  Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad