Bupati Sis Lantik Pengurus Baznas Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, April 28, 2022

Bupati Sis Lantik Pengurus Baznas Kapuas Hulu

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melantik pengurus Baznas Kapuas Hulu periode 2022-2027 di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (28/4/2022)/Yohanes Santoso

Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melantik Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kapuas Hulu tahun 2022-2027 di Putussibau, Kamis (28/4/2022). Pelantikan tersebut disaksikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Kalimantan Barat, H. Syahrul Yadi.

Dalam sambutannya, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan berharap kehadiran Baznas bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kapuas Hulu. Baznas adalah lembaga pemerintah nonstruktural dibawah Kementerian Agama untuk efektifitas dan efisiensi dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan oleh masyarakat, khususnya umat Islam, untuk masyarakat yang benar-benar membutuhkan. "Zakat adalah salah satu instrumen untuk menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat yang juga membantu dalam menangani masalah sosial," tutur pria yang akrab disapa Bang Sis.

Untuk keberhasilan pengelolaan zakat, kata Bupati Sis ada empat faktor utama. Empat faktor tersebut adalah regulasi pemerintah, motivator, koordinator dan fasilitator. "Empat hal ini harus dijalankan dengan baik oleh Baznas dan pihak terkait agar pengelolaan zakat juga berjalan baik, efektif dan efisien," ujarnya.

Sementara itu Kakanwil Kemenag Kalbar, Syahrul Yadi menuturkan bahwa Baznas ini tertulis di Al Qur'an dan memang satu profesi yang mulia bagi mereka yang mendapat kepercayaan memimpin Baznas. Bila jabatan di Baznas ini difungsikan dengan baik maka akan jadi keran ekonomi umat. "Ketika ada zakat terkait juga di dalamnya infaq dan sedekah, ini adalah hal yang wajib. Bila ini dikelola dengan baik tentu bermanfaat bagi masyarakat banyak," tegasnya.
Dari evaluasi yang dilakukan Kanwil Kemenag Kalbar, kata Syahrul Yadi, mungkin belum 10 persen umat islam di Kalbar mempercayakan salurkan zakatnya ke Baznas. Ini berarti Baznas harus membangun kepercayaan. Kemudian Baznas harus update data, jangan hanya copy paste data tahun lalu. "Tunjukkan kerja yang baik agar membangun kepercayaan umat Islam," tegas Kakanwil Kemenag Kalbar.

Acara pelantikan Baznas Kapuas Hulu ini turut disaksikan Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat dan Sekda Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini serta jajaran Forkopimda Kapuas Hulu. Hadir pula para Kepala Perangkat Daerah dan jajaran Kantor Kemenag Kapuas Hulu.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad