Produk Olahan Perikanan Jangan Gunakan Bahan Berbahaya - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, December 13, 2021

Produk Olahan Perikanan Jangan Gunakan Bahan Berbahaya

Foto: Sukiman

Kapuas Hulu - Kepala Bidang Kelembagaan Dan Pengelolaan TPI Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu, Sukiman mengatakan dalam rangka meningkatkan pengolahan perikanan di kabupaten Kapuas Hulu. Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu akan melakukan pendampingan dan pembinaan, kepada pelaku pengolah hasil perikanan yang ada di kabupaten Kapuas Hulu. 
"Kita beri arahan supaya mereka selalu menjaga mutu produk mereka, jangan sampai mereka menggunakan bahan-bahan yang berbahaya (bahan yg dilarang) yang berakibat bisa membahayakan bagi kesehatan konsumen," katanya saat ditemui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Pada Senin (13/12/2021). 

Selain itu, Sukiman menegaskan bahwa pihaknya juga memberikan pelatihan kepada para pelaku pengolahan hasil perikanan. Seperti pada tahun 2021 ini, dari dinas perikanan melakukan pelatihan di 2 lokasi, diantaranya di kecamatan Bunut Hilir dan kecamatan Semitau. Selain itu pihaknya juga melakukan rehab sarana dan prasarana pengolahan hasil perikanan. "Pada tahun 2021 ini, kita melakukan rehab sarana dan prasarana pengolahan hasil perikanan di 2 lokasi, yaitu di desa Dalam kecamatan Selimbau dan di desa Bunut Tengah kecamatan Bunut Hilir," ujarnya. 
"Kegiatan ini dalam bentuk bedah unit pengolahan hasil perikanan beserta bantuan peralatan pendukung, Insyaallah pada tahun 2022 kita juga akan melakukan rehab sarana dan prasarana, dalam bentuk bedah UPI untuk 3 kelompok diantaranya kecamatan bunut hilir, embaloh hilir dan selimbau, melalui dana DAK," timpalnya. 

Kedepannya, kata Sukiman, semoga Pandemi covid-19 ini cepat berlalu. Supaya anggaran untuk membantu masyarakat atau pelaku pengolahan, bisa lebih maksimal dalam rangka memenuhi sarana dan prasarana pengolahan hasil perikanan, bisa juga melakukan kegiatan pelatihan - pelatihan kepada masyarakat. 
"Khusus masyarakat pengolahan hasil perikanan yang ada di kabupaten kapuas hulu agar selalu menjaga kualitas ,mutu produk yang dihasilkan," tuntasnya.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad