Launching Buku Adat Tamambalo Apalin - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Saturday, December 18, 2021

Launching Buku Adat Tamambalo Apalin

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan/ Istimewa

Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan beserta rombongan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan Peluncuran Buku Adat Istiadat dan Hukum Adat Komunitas Masyarakat Adat Ketemenggungan Tamambalo Apalin tahun 2021di Desa Benua Tengah Kecamatan Putussibau Utara bertempat dirumah Betang Sao Langke Adat Dai Bolong Pambean, Sabtu pagi (18/12/2021)
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyampaikan bahwa peluncuran buku adat istiadat dan hukum adat diharapkan mampu membentengi masyarakat dari pengaruh globalisasi. Terutama anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa. "Generasi muda kita harus tetap menjaga adat dan budayanya, agar tidak ikut berbagai pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh derasnya arus informasi dan pengaruh globalisasi sekarang ini," tegas pria yang akrab disapa Bang Sis ini.

Bupati Sis juga mengapresiasi kepada pemuda di wilayah Ketemenggungan Tamambalo Apalin yang sudah mau menginisiasi pembuatan buku adat, serta mengajak para tetua untuk untuk melakukan musyawarah dalam pembuatan buku adat
"Adanya buku ini nanti akan sangat penting karena buku ini menjadi referensi serta literasi sesungguhnya Tamambalo Apalin dalam berinteraksi, berkehidupan dan berbudaya diwilayah ini," ujarnya.

Atas nama pemerintah daerah kabupaten Kapuas Hulu, Bupati Sis memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua yang terlibat dalam penulisan buku adat dan hukum adat tamambalo Apalin ini. 
"buku ini adalah upaya kita untuk bisa melestarikan adat dan budaya agar dikenal oleh generasi mendatang serta tidak hilang oleh perubahan zaman," tuntas Bupati Sis. 

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad