Dishub Kapuas Hulu Lakukan Ram Check Angkutan Umum - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, December 21, 2021

Dishub Kapuas Hulu Lakukan Ram Check Angkutan Umum


Foto: Rudi Hartono

Kapuas Hulu - Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Hulu, Rudi Hartono menyampaikan  menjelang arus mudik maupun libur panjang,  Dinas Perhubungan (Dishub) Kapuas Hulu melakukan “Ram Check” atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum secara rutin.  

"Setiap kendaraan akan diperiksa satu persatu, mulai dari kelengkapan teknis hingga kelengkapan secara administrasi," ucapnya saat ditemui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, pada Senin (20/12/2021). 

Ram check ini dilakukan untuk memastikan kondisi kendaraan yang akan digunakan oleh masyarakat saat arus mudik Natal dan Tahun baru, laik digunakan. Kemarin Dishub dan beberapa pihak terkait telah melakukan Ram Check terhadap perusahaan Otobus yang ada di Kapuas Hulu.

"Otobus yang kita periksa adalah otobus yang melayani angkutan kota dengan angkutan provinsi Kalbar, otobus yang melayani angkutan ke Pontianak," ucapnya. 

Dalam hal itu Dishub berkerja sama dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengecekan kesiapan menghadapi natal dan tahun baru.  Pengecekan terkait kelengkapan surat menyurat keselamatan, dalam rangka untuk angkutan natal dan tahun baru. 

"Dari hasil pengamatan kita, dari hasil ram check yang kita laksanakan, memang ada beberapa surat - surat yang harus dilengkapi oleh perusahaan Otobus," Tuturnya. 


Kata Rudi, pihaknya melakukan ram check terhadap perusahaan Otobus Perintis, Marus, Kapuas Raya, serta Sentosa. 

"Sudah kita cek semuanya, dan hasilnya laik untuk di Oprasionalkan, cuma ada beberapa surat yang harus dilengkapi, tapi itu tidak menjadi masalah, karena itu kewenangan dari provinsi, kita suah menyurati, karena izinnya ada di provinsi," katanya. 

Selain itu Dishub melihat juga, bagaimana perusahaan menerapkan disiplin protokol kesehatan. "Ini penting, apalagi sekarang ada Covid-19 baru varian omicron," tuntasnya.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad