Sosialisasi Panggung Apresiasi Komunitas Perempuan Seniman Musik Rudeng - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, October 12, 2021

Sosialisasi Panggung Apresiasi Komunitas Perempuan Seniman Musik Rudeng

Foto bersama saat kegiatan sosialisasi Panggung Apresiasi bagi Komunitas perempuan Seniman Musik Rudeng dan Pewarisan Seni Musik Rudeng kepada Generasi Muda yang diselenggarakan Yayasan Merangat di Rumah Adat Desa Sungai Uluk Kecamatan Putussibau Selatan, Senin (11/10/2021)

Kapuas Hulu - Kepala Bidang Kebudayaan, Itoni mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu  secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Panggung Apresiasi bagi Komunitas Perempuan Seniman Musik Rudeng dan Pewarisan Seni Musik Rudeng kepada Generasi Muda yang diselenggarakan Yayasan Merangat di Rumah Adat Desa Sungai Uluk Kecamatan Putussibau Selatan, Senin (11/10/2021).
Dalam kesempatan tersebut, Itoni menyampaikan bahwa, pelestarian nilai seni budaya yang diwariskan oleh orang tua terdahulu harus tetap dipertahankan, karena mengandung nilai - nilai positif bagi generasi muda sekarang.
"Pewarisan nilai seni musik Rudeng dari Sub Suku Dayak Kantu' ini patut kita apresiasi, nilai seni yang sudah turun - temurun ini jangan sampai punah, sehingga dari generasi ke generasi bisa disaksikan terus oleh anak cucu, bahwa ini salah satu identitas, kekayaan seni musik yang ada," ungkap Itoni.
Oleh karenanya kata Itoni, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu dalam hal ini sangat menyambut baik dan mendukung agar Kebudayaan Adat dan Budaya tetap Lestari dan dapat berperan untuk meningkatkan Sumber daya Manusia.
"Khususnya sebagai alat pemajuan kebudayaan menurut Undang - undang nomor  5 Tahun 2017 yang implementasinya dalam Peraturan Pemerintah  Nomor 87 Tahun 2021," jelas Itoni.
Menurut Itoni, pentingnya pewarisan nilai seni musik itu agar masyarakat, khususnya generasi muda bisa dibentengi dari pengaruh seni budaya luar. Lantaran saat ini gempuran teknologi dan budaya luar kian masif.
"Jadi kita tidak boleh lupa dengan seni musik tradisional yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita, tentu memiliki nilai - nilai seni budaya yang penuh makna bagi kehidupan di masyarakat, jadi mari kenalkan dengan generasi muda kita inilah kekayaan seni budaya yang kita miliki," pungkas Itoni. 
Kegiatan Sosialisasi Panggung Apresiasi bagi Komunitas perempuan Seniman Musik Rudeng dan Pewarisan Seni Musik Rudeng kepada Generasi Muda itu juga dihadiri Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Hulu Antonius Manyu, yang juga merupakan tokoh masyarakat Suku Kantu' Kabupaten Kapuas Hulu. Hadir sejumlah unsur pengurus Dewan Adat Dayak Kabupaten Kapuas Hulu dan tamu undangan lainnya.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad