Indeks K Kelapa Sawit Mengalami Kenaikan - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, October 12, 2021

Indeks K Kelapa Sawit Mengalami Kenaikan

Foto: Paskalis Shap, Kabid Perkebunan Distan Pangan Kapuas Hulu/Rovi Andila

Kapuas Hulu - Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan kegiatan Rapat verifikasi Usulan Indeks "K" kelapa sawit produksi perkebunan Kabupaten Kapuas Hulu bulan Mei 2021, yang dilaksanakan di aula perkebunan, Putussibau Utara Kapuas Hulu, Senin (11/10/2021). Kegiatan tersebut Dipimpin langsung oleh Sekda Kabupaten Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini.

Pada kesempatan itu Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu, Paskalis Shap, mengatakan Rapat verifikasi Usulan Indeks "k" kelapa sawit produksi perkebunan Kapuas Hulu, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh pihaknya, untuk menentukan Usulan Indeks "K" hasil TBS  (Buah Tandan Segar) nya  petani.

"Intinya dari indeks K ini adanya kesepakatan harga sawit di kabupaten Kapuas Hulu maupun di provinsi Kalimantan Barat, jadi hasil dari indeks K kita disini, kita ajukan ke provinsi nanti di provinsi akan diversifikasi lagi, untuk mencapai harga kesepakatan," katanya.

Pria yang akrab disapa Kaka ini menyampaikan, kegiatan ini dilakukan untuk memastikan harga petani dijaga, dijamin serta dibina oleh pemerintah, indeks K di bulan ini mengalami kenaikan, walaupun dipengaruhi oleh musim, sehingga ada beberapa perusahaan yang produksi nya menurun, tetapi itu tidak berpengaruh signifikan terhadap kenaikan indeks K.

"Indeks K untuk bulan oktober ini, sebesar 93,62 persen, sedangkan bulan september, 93, 59 persen jadi ada kenaikan 0,03 persen," ucapnya.

Kaka mengharapkan, tetap dilakukan pembinaan pengawasan khususnya untuk hasil produksi petani bukan hanya petani koperasi pemerintah dan perusahaan tetapi juga petani sawit mandiri, supaya petani itu punya pasar untuk menjual hasil TBS mereka.
"Diharapkan juga dari perusahaan perkebunan membantu pemerintah dalam hal ini," katanya.
Foto: Rapat verifikasi usulan Indeks K Kelapa Sawit di kantor Distan Pangan Kapuas Hulu/Rovi Andila

Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Bahtiar, kadis  petani dan Pangan  H Abdurrasyid, Sekretaris Sekretaris Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu, Hiasintus Gunung Agung, Kadis Koperasi, Usaha Kecil Menengah Dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh, serta berbagi pihak terkait lainnya.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad