Delapan Kecamatan di Kapuas Hulu Terendam Banjir - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Saturday, October 2, 2021

Delapan Kecamatan di Kapuas Hulu Terendam Banjir

Foto: Tim BPBD Kapuas Hulu memonitor lokasi banjir di wilayah Putusisbau Utara, Sabtu (2/10/2021)/Istimewa

Kapuas Hulu - Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas Hulu melakukan monitoring dan mendata lokasi banjir di Kapuas Hulu, Sabtu (2/10/2021). Data sementara ada delapan kecamatan yang dilanda banjir. Jalan Lintas Selatan tepatnya di desa Semangut, Bunut Hulu, terendam banjir setinggi satu meter dengan panjang 100an meter, menyebabkan akses darat dari Putussibau ke Sintang terputus.
Kepala BPBD Kapuas Hulu, Gunawan mengatakan pihaknya telah mendata lokasi banjir. Banjir terjadi di delapan kecamatan. "Delapan kecamatan tersebut adalah Bunut Hulu, Putussibau Utara, Kalis, Seberuang, Silat Hulu, Silat Hilir, Mentebah dan Putussibau Selatan.

Foto: Banjir di kecamatan Seberuang tanggal 1 Oktober 2021/Isitmewa

Untuk kecamatan Bunut Hulu, banjir terjadi di Desa Sebilit, Desa Temuyuk, Desa Semangut Utara dan Desa Nanga Suruk. Pada kecamatan Putussibau Utara banjir terjadi di Desa Padua Mendalam, Desa Tanjung Lasa, Desa Sibau Hulu, Desa Datah Dian dan Desa Nanga Sambus. Untuk kecamatan Kalis, banjir terjadi di Desa Nanga Danau. Pada kecamatan Seberuang banjir terjadi di Desa Sejiram, Desa Tajau mada, Desa Gurung, Desa Belikai dan Desa Tanjung Keliling.
Kemudian di kecamatan Silat Hulu banjir terjadi di Desa Entebi. Pada kecamatan Silat Hilir banjir terjadi di Desa Bongkong. Kalau di Mentebah banjir terpantau di Desa Tanjung Intan dan Desa Nanga Mentebah. Untuk kecamatan Putussibau Selatan banjir terjadi di Desa Cempaka baru, Desa Tanjung Jati, Kelurahan Kedamin Hilir dan Desa Bungan Jaya.
"Curah hujan yang tinggi dari malam hari tanggal 30 September 2021 hingga hari ini tanggal 2 Oktober mengakibatkan banjir di delapan Kecamatan di wilayah Kabupaten Kapuas hulu," terang Gunawan.
Dari banjir yang terjadi, Gunawan mengatakan pihaknya belum mendapat laporan adanya korban jiwa. Namun ia menghimbau agar masyarakat waspada bila terjadi hujan susulan. "Kalau intensitas hujan semakin tinggi, lokasi yang rawan banjir harus waspada, amankan dulu barang-barang yang penting," tuntasnya.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad