Wabup Kapuas Hulu, Wahyu Buka Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku Usaha Mikro - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, September 20, 2021

Wabup Kapuas Hulu, Wahyu Buka Pelatihan Kewirausahaan Bagi Pelaku Usaha Mikro

Foto: Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat saat menghadiri pelatihan kewirausahaan bagi pelaku usaha mikro. Kegiatan dilakukan di hotel Mitra Sentosa, Putussibau, Kapuas Hulu, Kalbar, Senin (20/9/2021)/Rovi Andila

Kapuas Hulu - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat membuka pelatihan kewirausahaan bagi pelaku usaha mikro Kapuas Hulu tahun anggaran 2021 angkatan ke 2 yang dilaksanakan di hotel Mitra Sentosa, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Senin (20/9/2021). Peserta yang mengikuti pelatihan tersebut sebanyak 40 orang. 

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat mengatakan adanya dana alokasi khusus nonfisik dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia untuk pelatihan kewirausahaan usaha mikro di Kapuas Hulu, itu menjadi solusi terhadap keterbatasan anggaran Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dalam mengadakan program kegiatan.
Menurutnya pelatihan kewirausahaan adalah upaya mengembangkan kapasitas sumber daya manusia, khususnya pelaku usaha mikro. "Ini sebagai upaya meningkatkan daya saing pelaku usaha mikro, sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu periode 2021-2024, yaitu terwujudnya Kapuas Hulu yang harmonis, enerjik, berdaya saing, amanah dan terampil," tegas Wahyu.

Kata Wahyu terdapat tiga peran atau kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia.
Pertama,sebagai sarana pemerataan tingkat ekonomi rakyat kecil, kedua UMKM sebagai sarana mengentaskan kemiskinan, ketiga UMKM sebagai sarana pemasukan devisa bagi negara. 
"Melalui pelatihan ini, diharapkan pelaku usaha mikro memperoleh penguatan kapasitas, sehingga mampu menciptakan inovasi dan kreativitas, dalam menyingkapi tantangan berusaha di tengah kondisi pandemi covid-19 ini," katanya. 

Secara khusus kepada para peserta yang merupakan pengrajin tenun, baik tenun sidan, tenun ikat, maupun pengrajin manik, Wahyu berharap semoga pelatihan ini dapat memacu dan memicu kreativitas berusaha serta kejelian menjaga hasil karya. Selain tentang usaha ini juga penting untuk menjaga warisan budaya yang sangat berharga, sebagai salah satu identitas kebudayaan Kapuas Hulu, agar tidak dirampas oleh negara lain. 
"Saya harapkan melalui pelatihan kewirausahaan ini, membangkitkan kembali geliat perekonomian terutama pada usaha mikro di kabupaten Kapuas Hulu hebat ini," tuntas Wahyu.

Penulis : Rovi Andila
Editor : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad