Pemda Kapuas Hulu Berikan Dana Rp 1 Miliar Lebih kepada 10 Parpol - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, September 21, 2021

Pemda Kapuas Hulu Berikan Dana Rp 1 Miliar Lebih kepada 10 Parpol

Foto: Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat (tengah) bersama Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi (kiri) menyerahkan dana parpol kepada pengurus parpol PKB, Alimin (Kanan) di Aula Bappeda Kapuas Hulu, Selasa (21/09/2021)/Yohanes Santoso

Kapuas Hulu - Tahun ini Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu mengucurkan dana sebesar Rp 1 Miliar lebih untuk 10 Partai Politik (Parpol) yang menduduki DPRD Kapuas Hulu. Dana tersebut dibagikan kepada 10 parpol dengan besaran anggaran yang berbeda. Penyaluran anggaran dari Pemda Kapuas Hulu kepada sepuluh Parpol tersebut dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat di aula Bappeda Kapuas Hulu, Selasa (21/9/2021).
Plt. Kepala Kesbangpol Setda Kapuas Hulu, Muhtarudin dalam acara penyerahan dana tersebut menjelaskan bahwa besaran dana diterima masing-masing parpol sesuai dengan perhitungan suara sah yang diperoleh. Ada 10 parpol di DPRD Kapuas Hulu yang menerima dana tersebut dan totalnya Rp 1 Miliar lebih. "Bila dirincikan per parpol adalah sebagai berikut PKB menerima sebesar Rp 98 juta lebih, Gerindra Rp 112 juta, PPP Rp 123 juta lebih, PAN Rp 98 juta lebih, Hanura Rp 49 juta lebih, Demokrat Rp 105 juta lebih, PKPI sebesar Rp 59 juta lebih, Golkar Rp 159 jutaan, Nasdem Rp 100 jutaan dan PDI Perjuangan sebesar Rp 150 jutaan," paparnya.
Bantuan tahun 2021 ini meningkat dari tahun 2020 lalu. Bila tahun lalu Rp 1500 per suara sah menjadi 8000 per suara sah. Dengan adanya kenaikan tersebut masing-masing parpol mendapat kenaikan Rp 6500 per suara sah. Besaran anggaran per suara sah tersebut sudah disetujui Gubernur Kalbar. "Kesbangpol sudah sosialisasikan penggunaan bantuan parpol ini pada tanggal 4 agustus lalu. Tim verifikator juga sudah periksa dokumen parpol dan tanggal 6 September lalu sudah diverifikasi, jadi bantuan kita salurkan," ujarnya.
Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat yang menyampaikan sambutan Bupati Kapuas Hulu menjelaskan bahwa selain menyerahkan bantuan ini, acara penyaluran bantuan parpol tersebut juga bermaksud sebagai sarana silaturahmi antara Pimpinan Daerah Kapuas Hulu dengan Parpol yang ada. Tujuan silaturahmi ini, agar hubungan selalu harmonis antara Pemda dengan Parpol yang ada di DPRD Kapuas Hulu. "Dengan hubungan yang baik, semua pihak bisa bahu membahu untuk membangun Kapuas Hulu yang kita cintai. Pemerintah itu tidak super power, super power itu adalah kekuatan kita bersama," ujarnya.
Wahyu menegaskan Pemda Kapuas Hulu sangat membutuhkan peran dari Parpol. Parpol berperan dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat juga meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam kehidupan demokrasi di daerah. "Parpol berperan penting dalam pendidikan politik ke kader dan masyarakat sebab itu ada bantuan keuangan untuk parpol. Ini dana dari APBD diberikan secara proporsional terhadap parpol yang duduk di DPRD Kapuas Hulu. Parpol punya peran poros penting dalam kehidupan berpolitik," tuntasnya.
Penyaluran dana Parpol dari Pemda Kapuas Hulu ini turut disaksikan Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi, Plt. Kepala Inspektorat Kapuas Hulu, H. Bung Tomo, Plt. Kepala BKD Kapuas Hulu, Azmi, Ketua KPU Kapuas Hulu, Ahmad Yani serta pihak terkait lainnya.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad