Pembuat Gula Aren Bisa Bangun 3 Sarang Walet, Bupati Sis Salut - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, September 8, 2021

Pembuat Gula Aren Bisa Bangun 3 Sarang Walet, Bupati Sis Salut

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan saat meninjau lokasi pengolahan gula aren di Embaloh Hulu, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (8/9/2021)/Rovi Andila

Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan melakukan kunjungan kerja ke Benua Martinus Kecamatan Embaloh Hulu Kabupaten Kapuas Hulu pada Rabu (8/9/2021). Bupati Sis meninjau tempat pembuatan gula aren yang dilaksanakan oleh warga bernama Saem di Dusun Paat desa Saujung Giling Manik. 
"Saya salut dengan Kamuk (paman) Saem, beliau luar biasa," ucapnya. 
Ketekunan Saem dalam memproduksi gula aren sudah berjalan kurang lebih 30 tahun. Hasil dari usahanya itu, beliau sudah mampu membangun 3 rumah sarang burung walet. "Itu sesuatu yang luar biasa kalau menurut saya kemudian dia mampu menghidupi keluarga - keluarganya, menyekolahkan anak - anaknya hingga jenjang sarjana, dari hasil memproduksi gula aren," ujar Bupati Sis.
Apa yang dilakukan kamuk Saem, kata Bupati Sis, itu patut menjadi contoh bagi masyarakat yang lain, agar bisa lebih fokus untuk mengerjakan sesuatu. Apalagi banyak pohon - pohon aren yang berada di beberapa desa di Kapuas Hulu ini.
"Masyarakat bisa mencontoh kamuk Saem tadi, supaya masyarakat - masyarakat lain bisa berhasil dari pohon aren. Bisa juga dari sektor usaha lainnya," tutur Bupati Sis.

Dalam pengembangan usaha, kata Bupati Sis, ada fasilitas yang disiapkan oleh Pemerintah dan bisa dimanfaatkan masyarakat, seperti pinjaman lunak Kredit Usaha Rakyat (KUR).
"Ini bisa digunakan untuk masyarakat kita  yang memang mempunyai keinginan untuk berusaha," tuntasnya. 

Penulis : Rovi Andila
Editor : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad