Kapolres-KH Tegaskan Jangan Ada Pungli dan Tetap Prokes di Ops Patuh - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, September 20, 2021

Kapolres-KH Tegaskan Jangan Ada Pungli dan Tetap Prokes di Ops Patuh

Foto : Upacara gelar pasukan operasi patuh tahun 2021 di Mapolres Kapuas Hulu, Senin (20/9/2021) pagi/ Humas Polres-KH

Kapuas Hulu - Kepolisian Resort (Polres) Kapuas Hulu mengadakan upacara gelar pasukan operasi patuh tahun 2021 di Mapolres Kapuas Hulu, Senin (20/9/2021) pagi. Kapolres Kapuas Hulu AKBP Wedy Mahadi menjadi inspektur upacara gelar pasukan tersebut. Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Wedy mengatakan target operasi patuh Kapuas 2021 yaitu terciptanya kondisi kamseltibcar lantas di tengah masa pandemi Covid-19. "Kita masih dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona, sebagai konsekuensinya kita harus tetap mempedomani protokol kesehatan serta dilengkapi alat pelindung diri dalam menjalankan tugas di operasi patuh ini," tegasnya.

Foto: Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Wedy menjadi inspektur upacara ops patuh kapuas di Mapolres KH, Senin (20/9/2021)/ Humas Polres KH

AKBP Wedy menjelaskan bahwa sesuai amanat UU No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, ada empat hal yang harus diwujudkan di masyarakat. Pertama terwujudnya pemeliharan keamanan, keselamatan, kelancaran, ketertiban berlalu lintas; kedua terwujudnya peningkatan kualitas keselamatan dan menurunkan korban kecelakaan; ketiga adalah membangun budaya tertib berlalu lintas; keempat adalah peningkatan kualitas pelayanan kepada publik.
"Keempat hal tersebut merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh Polisi Lalu Lintas sendirian, melainkan sinergitas pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar permasalahan serta solusi yang harus diterima dan harus dijalankan oleh semua pihak," ujar Kapolres Kapuas Hulu. 
Salah satu menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama serta utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, budaya bangsa dan cermin tingkat modern. Keselamatan dalam berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. "Kesadaran pengguna lalu lintas baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor maupun pengguna jalan lainnya masih dirasakan sangat rendah," tutur AKBP Wedy.
Sebab itu, peran ops patuh sangat lah penting untuk menyadarkan masyarakat tentang aturan yang berlaku dalam berlalu lintas untuk menjaga keselamatan saat berkendara. Tak luput, Kapolres Kapuas Hulu juga mengingatkan kepada jajarannya agar dalam pergelaran ops patuh tetap mengikuti aturan yang berlaku dan tidak melakukan pungli. "Dalam ops patuh ini kita semua harus tetap panjatkan doa kepada Tuhan yang Maha Esa agar semua berjalan baik; utamakan Faktor keamanan, keselamatan dengan pedoman SOP yang ada; utamakan protokol kesehatan dan tetap jaga kesehatan; hindari tindakan Pungli dan lakukan tugas Ops Patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat," tuntasnya. 

Scr: Humas Polres Kapuas Hulu
Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad