Ikut Arahan KI Kalbar, Bawaslu-KH Komitmen Wujudkan Keterbukaan Informasi - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, September 15, 2021

Ikut Arahan KI Kalbar, Bawaslu-KH Komitmen Wujudkan Keterbukaan Informasi


Foto: Bawaslu Kapuas Hulu usai mengikuti kegiatan monev Keterbukaan Informasi yang diadakan Komisi Informasi Kaliamantan Barat secara virtual, Selasa (14/9/2021)/Istimewa

Pontianak - Untuk mengukur sudah sejauh mana implementasi Keterbukaan Informasi pada badan-badan publik di Kalimantan Barat,  Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat (KI Kalbar) menggelar Monitoring Evaluasi Keterbukaan informasi yang tahapannya saat ini telah memasuki visitasi atau presentasi pada Badan Publik di Kalbar. 

Visitasi digelar, menindaklanjuti Kuesioner Penilaian Mandiri/ Self Assessment Questionnaire (SAQ) yang telah KI Kalbar kirimkan kepada kurang lebih 191 Badan Publik di Kalimantan Barat. 

"Kami sampaikan bahwa keseluruhan dokumen SAQ tersebut telah selesai dilakukan verifikasi dan menghasilkan nilai pertama dengan bobot nilai 60 persen," tutur Rospita Vici Paulyn, ST. Med, Ketua Komisi Informasi Kalbar, kemarin. 

Tahapan selanjutnya, sambung Vici,  tim Penilai melakukan visitasi atau presentasi pada Badan Publik. Untuk mengukur sejauh mana Komitmen, Koordinasi, dan Inovasi yang telah dilakukan oleh Badan Publik terhadap pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik pada badan publiknya masing-masing. 

"Presentasi Monev 2021 dilaksanakan
diruang Visual Kantor Gubernur Kalbar di Pontianak," terangnya. Dikatakan, Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik se-Kalimantan Barat Tahun 2021 akan diakhiri dengan pemberian Penganugerahan Penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2021 bagi lima badan publik informatif dengan nilai terbaik dalam setiap kategori. 

Rospita Vici Paulyn, menyebutkan tahun ini ada 9 (sembilan) kategori yang ditetapkan berdasarkan rapat pleno, yaitu: Pemerintah Kabupaten/Kota, OPD Pemprov Kalbar, BUMN Tingkat Provinsi Kalbar, BUMD Kalbar, Lembaga Legislatif, Lembaga Yudikatif, Lembaga Penyelenggara Pemilu Kabupaten/Kota, Lembaga Negara Tingkat Provinsi Kalbar, dan Partai Politik. 

Bawaslu Kapuas Hulu menyambut baik kegiatan Visitasi yang diselenggarakan KI Kalbar diruangan Visual Kantor Gubernur Kalbar. "Kami menyambut baik kegiatan Visitasi yang digelar KI Kalbar dan kami berkomitmen untuk hadir langsung. Pada Selasa (14/9) pukul 09.00 Wib hingga selesai,"tutur Musta'an Ketua Bawaslu Kapuas Hulu. 

Dikatakan Musta'an Bawaslu Kapuas Hulu berkomitmen mewujudkan keterbukaan informasi publik. Dengan berbagai keterbatasan, Bawaslu Kapuas Hulu terus berupaya menyampaikan informasi kepada publik apa yang telah dan akan dilakukan Bawaslu sebagai lembaga penyelenggara pemilu, bidang pengawasan. Melalui web resmi lembaga, sosial media lembaga dan e-PPID. 

"Kami siap bekerja sama dengan pihak manapun. Dalam upaya mewujudkan pemilu yang berkualitas dan berintegritas,"tutur Musta'an yang didampingi Arief Wardani dan Nurrochim staf PPID Bawaslu Kapuas Hulu.

Scr: Humas Bawaslu-KH
Repost : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad