Bupati Sis Launching Pembayaran PBB P2 dan BPHTB Online - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, September 29, 2021

Bupati Sis Launching Pembayaran PBB P2 dan BPHTB Online

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melaunching Pembayaran PBB P2 dan BPHTB Online di aula BPD Kalbar cabang Putussibau, Rabu (29/9/2021)/yohanes santoso

Kapuas Hulu - Untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak PBB P2 dan BPHTB, Pemda Kapuas Hulu melaunching sistem pembayaran online. Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melaunching program yang di inisiasi Badan Keuangan Daerah (BKD) Kapuas Hulu dan Bank Pembangunan Daerah Kalbar ini, di Aula Bank Kalbar Putussibau, Rabu (29/9/2021).

Plt. Kepala BKD Kapuas Hulu, Azmi menjelaskan bahwa kegiatan kali ini adalah peresmian PBB P2 dan BPHTB Online. Awalnya hanya PBB P2 saja yang diberlakukan online, namun seiring waktu bisa juga BPHTB diterapkan sistem online. "Tujuan kegiatan ini, agar wajib pajak lebih mudah bayarnya. Karena dulu agak sulit, mereka harus manual ke BKD, tapi sekarang bisa online lewat ATM atau mobile banking," paparnya.
Sekarang ini ada 59.485 wajib pajak dari 11 item pajak yang jadi wewenang BKD Kapuas Hulu. Dengan trobosan program yang ada sekarang ini, BKD berharap ini bisa meningkatkan PAD. "Sekarang memang rendah PAD kita, itu karena beberapa sektor pendapatan melambat akibat dari Pandemi Covid-19," ujar Azmi.
Saat ini, kata Azmi, ada program Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) dari Bank Indonesia. Nanti akan kita persiapkan dan harapannya bisa di kerjasamakan juga dengan BPD cabang Putussibau dalam implementasi QRIS ini, khusus untuk pemerintahan," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menegaskan upaya meningkatkan PAD merupakan tujuan yang harus dicapai bersama. Era digital mendorong adanya transaksi elektronik. "Dari tunai ke non tunai, ini penting untuk akuntabilitas serta kemudahan layanan pajak ke wajib pajak," tuturnya.
Bupati Kapuas Hulu, Sis menjelaskan bahwa rumusan ekonomi digital menunjukan tren meningkat. Ini merubah pola transaksi di masyarakat. "Kita berharap program ini bisa jadi solusi pembayaran PBB yang dikeluhkan masyarakat, yakni sulit harus membayar ke BKD dan bahkan terkait penerimaan bukti bayar pajak dari petugas," ujarnya.
Bupati Sis menghimbau kepada BKD agar mensosialisasikan program PBB P2 dan BPHTB Online. Hal tersebut penting agar masyarakat tidak melakukan kesalahan saat membayar lewat sistem online.
"Program ini harus disosialisasikan agar wajib pajak tidak salah dalam membayar pajak dengan sistem baru ini," tuntas Bupati Sis. 

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad