APBD Perubahan Prioritaskan Insentif Tenaga Medis dan Pembangunan RSUD Putussibau - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, September 21, 2021

APBD Perubahan Prioritaskan Insentif Tenaga Medis dan Pembangunan RSUD Putussibau

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyerahkan draff nota pengantar Raperda Perubahan APBD Kapuas Hulu tahun 2021 ke Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi di gedung DPRD Kapuas Hulu, Selasa (21/9/2021)/Yohanes Santoso

Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyampaikan nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan APBD Kapuas Hulu tahun anggaran 2021 ke DPRD Kapuas Hulu, Selasa (21/9/2021). Pembahasan Raperda tersebut di pimpin Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi didampingi Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu, Razali dan Hairudin, lewat sidang paripurna di gedung DPRD Kapuas Hulu. 
Terkait Perubahan APBD Kapuas Hulu tahun 2021 ini, untuk Anggaran Pendapatan bertambah sebesar Rp 45 miliar lebih, sebelumnya berjumlah Rp 1.707 miliar (APBD murni) jadi 1.752 miliar (APBD perubahan).
Sedangkan Anggaran Belanja bertambah Rp 53 Miliar lebih, dari sebelumnya Rp 1.727 Miliar (APBD Murni) jadi Rp 1.800 Miliar (APBD Perubahan).
Terkait peningkatan Anggaran Pendapatan sebesar Rp 45 Miliar, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menjelaskan bahwa hal tersebut karena adanya Silpa (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran), Bantuan dari Pemprov Kalbar, bagi hasil pajak dan beberapa sektor pendapatan lain. Sedangkan terkait penambahan Anggaran Belanja Rp 53 Miliar, kata Bupati Sis, itu diantaranya digunakan untuk pembayaran insentif tenaga medis serta pembangunan lanjutan gedung RSUD dr.Achmad Diponegoro Putussibau.
"Hal yang utama dalam perubahan APBD ini, dari sisi Anggaran Belanja, kami ikut arahan dari Pemerintah Pusat yakni terkait insentif tenaga medis yang menangani Covid-19," ucapnya, saat ditemui usai sidang paripurna DPRD Kapuas Hulu.
Terkait anggaran belanja yang cukup besar, selain tentang insentif tenaga medis adalah untuk pembangunan RSUD. Menurut Bupati Sis masih ada beberapa persiapan yang perlu dianggarkan di akhir tahun 2021 ini agar RSUD yang baru bisa digunakan di tahun depan (2022). "Seperti PLN-nya harus kita selesaikan tahun ini, jadi tahun depan bisa digunakan," tuntas Bupati besutan PDI Perjuangan ini.
Pembahasan Raperda Perubahan APBD Kapuas Hulu tahun anggaran 2021 ini disaksikan Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, Forkopimda Kapuas Hulu, Sekda Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini bersama para Kepala OPD, KPU serta Bawaslu setempat, BUMN dan BUMD yang ada di Kapuas Hulu. 

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad