Penuhi Gizi 1000 Hari Pertama Bayi Agar Tehindar Dari Stunting - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, August 24, 2021

Penuhi Gizi 1000 Hari Pertama Bayi Agar Tehindar Dari Stunting

Foto: Ade Hermanto

Kapuas Hulu - Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, Ade Hermanto, menuturkan bahwa kasus Stunting memang ada di Kapuas Hulu. Kasus stunting ini tidak serta- merta langsung terjadi, tetapi ada proses yang lama sehingga kasus ini muncul. Mulai dari masa janin dalam kandungan sampai dengan umur 2 tahun. 
"Itu dalam 1000 hari kehidupan, itu dikarenakan adanya kekurangan asupan gizi, kekurangan vitamin, dan kekurangan keanekaragaman pangan yang di konsumsi oleh baik ibu hamil sampai anak berumur 2 tahun, dan yang kedua disebabkan oleh infeksi yang kemudian menyebabkan stunting, " ucapnya saat ditemui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Senin (24/8/2021). 

Selain itu, apa saja yang telah dilakukan di Kapuas Hulu dalam menurunkan stunting, kata Ade, pihaknya sudah membentuk tim konvergensi penanganan stunting di Kapuas Hulu. Tim konvergensi sendiri terdiri dari beberapa OPD yang ketuanya adalah Sekda Kapuas Hulu. Sementara Bappeda-KH yang mengakomodir seluruh OPD terkait dalam penanganan stunting, karena memang stunting ini tidak bisa diatasi sendiri oleh Dinas Kesehatan, tetapi harus ada kerja sama lintas sektor yang terkait.
"Untuk di Kapuas Hulu angka stunting pada balita, 2020 kemarin kita berada pada posisi 31 persen, tapi pada tahun 2019 kita berada di posisi 36 persen. Pada tahun 2020 kasus stunting menurun," ucapnya. 

Pihak swasta dan yayasan, kata Ade, ada yang ikut Pemda Kapuas Hulu membantu dalam penanganan stunting di Kapuas Hulu. Khususnya di kecamatan yang ada perusahaan sawit tersebut. 

"Saya berpesan kepada masyarakat untuk selalu memperhatikan asupan gizi terhadap ibu hamil sampai umur bayi 2 tahun, jadi 1000 hari pertama kehidupan harus tetap diperhatikan asupan gizi keanekaragaman pangan yang di konsumsi oleh ibu hamil sampai anak berumur 2 tahun," tuntas Ade.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad