Bupati Sis Resmikan Pengunaan PLTMH dan Gedung Sanggar Seni di Bunut Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Monday, August 30, 2021

Bupati Sis Resmikan Pengunaan PLTMH dan Gedung Sanggar Seni di Bunut Hulu

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menandatangani batu prasasti peresmian gedung Sanggar Seni dan PLTMH di desa Segitak, Bunut Hulu, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin (30/8/2021)/Rovi Andila

Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan meresmikan PLTMH dan Gedung Sanggar Seni serta menyaksikan penyaluran BLT DD Bulan Juli Tahap 7 di desa Segitak, Bunut Hulu, Senin (30/08/2021). 
Pada kesempatan itu, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyampaikan bahwa PLTMH di Desa Segitak sudah berfungsi dan menghasilkan listrik untuk di nikmati masyarakat. Pengelolaannya sudah sangat baik, iuran  dari masyarakat sudah dikelola secara benar oleh Bumdes terkait. 
"Ini yang menjadi harapan kita kedepan, supaya PLTMH ini dapat terus bertahan dan bisa dirawat dengan adanya iuran tadi," ucapnya. 

Bupati yang akrab dipanggil Bang Sis ini mengaku senang, pasalnya baru beberapa bulan PLTMH dipakai ternyata iuran dari masyarakat sudah mampu untuk melakukan perbaikan - perbaikan, pemeliharaan dari pada PLTMH ini. 
Ada beberapa daerah, ketika PLTMH bermasalah pihak terkait kebingungan mencari dana untuk memperbaiki, padahal nilai kerusakan tidak seberapa.
"Hal tersebut karena PLTMH tidak dikelola dengan sistem iuran. Ini menunjukan bahwa pentingnya iuran untuk kepentingan masyarakat, ini bukan untuk kepentingan Bumdes, bukan kepentingan bisnis," ucap Sis. 
Bupati mengingatkan agar iuran PLTMH diberlakukan dengan nominal yang memang wajar, sehingga tidak membebankan masyarakat. Ia pun mengharapkan pengelolaan PLTMH di Kapuas Hulu kedepannya bisa menerapkan seperti apa yang di lakukan di desa Segitak.
"Karena Kapuas Hulu masih banyak daerah-daerah yang mengunakan PLTMH, karena PLN kita masih belum mampu menjangkau daerah-daerah yang terlalu jauh yang masuk ke pelosok, salah satu siasatnya adalah membangun PLTMH ini," tuntasnya.

Penulis : Rovi Andila
Editor : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad