Bupati-KH Hadiri Launching Pilot Proyek Desa CCSR - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, August 12, 2021

Bupati-KH Hadiri Launching Pilot Proyek Desa CCSR

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan saat menghadiri acara launching pilot proyek CCSR di desa Marsedan, Semitau, Kapuas Hulu, Kamis (12/8/2021)/Istimewa

Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri peluncuran Pilot Proyek Model Desa Community Corporate Social Responsibility (Model Desa CCSR) di Desa Marsedan, kecamatan Semitau, Kamis (12/8/2021). Bupati menegaskan bahwa pilot proyek ini sangat penting karena mendorong pembangunan desa di perkebunan sawit yang inklusif dan berkelanjutan dengan pendekatan kemitraan multi pihak. Perusahaan juga wajib memperhatikan desa dimana perusahaan tersebut beroperasi.
"Hal itu telah diatur dalam Undang-undang Nomor 48 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan dalam pasal 1 angka 3 dan pasal 74 mengatur bahwa CSR adalah tanggung jawab sosial dan lingkungan yang harus dilaksanakan oleh setiap perseroan," ucap pria yang akrab disapa Sis ini. 
Bupati Sis menghimbau kepada seluruh perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Kapuas Hulu agar semakin memperkuat kemitraan dan kerjasama kolaboratif dalam mensukseskan pembangunan di Kapuas Hulu
"Saya ingatkan dalam menjalankan bisnis selalu memperhatikan penghormatan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) dan juga harus bebas konflik seperti pemanfaatan lahan, bagi hasil kebun plasma maupun konflik kepentingan yang berdampak pada terganggunya pembangunan desa," ujar Bupati.
Kepada Desa Marsedan Raya, Desa Mantan dan Desa Tua' Abang yang sudah menerapkan konsep model desa CCSR, Bupati menegaskan agar dapat manfaat kesempatan ini dengan sebaik mungkin. 

Sementara itu Kepala Desa Marsedan Raya, Taufik menuturkan pihaknya sangat tertarik dan berkomitmen menerapkan konsep model desa CCSR dan terus mengembangkan diri dalam kerjasama kemitraan dengan perusahaan sawit di desanya serta mitra lainnya.
"Kami percaya, ini adalah salah satu cara yang dapat kami gunakan untuk mencapai cita-cita desa yang sejahtera inklusif, berkelanjutan dan berkeadilan," ujarnya.

Peluncuran pilot proyek CCSR turut di ikuti Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Kuswandi beserta anggota Dewan lainnya juga Kepala Organisasi Perangkat Daerah. Turut serta Muspika Semitau. 

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad