Bikin Peraturan Desa Terkait Penanganan Covid-19 - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, August 12, 2021

Bikin Peraturan Desa Terkait Penanganan Covid-19

Foto: Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menghadiri Rakor dan Monev Optimalisasi Pencegahan dan Penanganan Pandemi Covid - 19 di Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu, Kalbar, Kamis (12/08/2021)/ Istimewa

Kapuas Hulu - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menghadiri Rakor dan Monev Optimalisasi Pencegahan dan Penanganan Pandemi Covid - 19 di Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu, Kalbar, Kamis (12/08/2021). Dalam kesempatan itu, Wabup Wahyu menyampaikan bahwa sampai saat ini Indonesia masih berada dalam kondisi pandemi Covid-19. Provinsi Kalimantan Barat masuk pada level 3 seperti tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 32 Tahun 2021 tentang PPKM level 3, level 2 dan level 1. "Posko penanganan Covid-19 di tingkat desa dan kelurahan dikedepankan untuk pengendalian penyebaran Covid-19," ujarnya. 

Wabup mengatakan kegiatan monev merupakan hal penting untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi pada tingkat penyelenggara pemerintahan desa, kecamatan, dan kabupaten. Ia berharap kepada Forkopimcam Batang Lupar agar
dalam pencegahan dan penangan Covid-19  agar saling bahu-membahu dalam memberikan arahan serta sosialisasi terhadap masyarakat. Dana yang di peruntukkan bagi pembiayaan optimalisasi posko Covid-19 desa dilaksanakan secara efisien, efektif, transparan dan dapat dipertanggung jawabkan. 
"Kepala Desa hendaknya bisa membuat Peraturan Desa mengenai masalah penanganan dan pencegahan terhadap Covid-19 dengan berpedoman kepada Permendagri Nomor 32 tahun 2021," ujarnya.

Wabup juga menginstruksikan para kepada Kepala Desa untuk mendorong masyarakat agar mau divaksin. Penanganan Covid-19 bisa berhasil apabila semua bekerja bersama-sama serta disiplin dalam melaksanakan 5 M satu D. "Selain ikut vaksin, mari kita juga terapkan menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun di air mengalir, menjaga jarah, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas serta doakan agar Covid-19 cepat berlalu," tuntas Wabup. 

Kegiatan Dihadiri staf Ahli Bupati, Asisten Pemerintahan, Inspektorat Kapuas Hulu,  Kadis Perikan, kadis Pemdes  BNPB, Badan Perbatasan, Kabag Humas, Kabag Ekon, Camat Batang Lupar, Camat Embaloh Hulu Forkopimcam, tokoh - tokoh masyarakat, serta Anggota Peserta Rakor.

Penulis: Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad