Latih Masyarakat Bikin Pakan Ikan, Nugget dan Amplang - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, July 28, 2021

Latih Masyarakat Bikin Pakan Ikan, Nugget dan Amplang

Foto: Kegiatan Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan di Nanga Nyabau, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalbar, 21-22 Juli 2021

Kapuas Hulu - Anggota DPR RI Komisi IV, Yessy Melania memberi perhatian khusus kepada masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Melalui program pokok pikirannya, bekerjasama dengan jajaran Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia di daerah, turut membina masyarakat dalam membuat pakan ikan serta melatih masyarakat untuk membuat makan olahan ikan berupa amplang dan nugget.
Untuk kegiatan pelatihan budidaya ikan patin dan pembuatan pakan ikan, itu dilaksanakan di desa Nanga Nyabau, kecamatan Putussibau utara pada tanggal 21 sampai dengan 22 Juli 2021. Ada 50 peserta terlibat dalam kegiatan itu.
"Kegiatan pelatihan tersebut dikhususkan bagi pelaku utama pembudidaya ikan di desa Nanga Nyabau, untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia tentang cara budidaya ikan patin dan cara pembuatan pakan ikan," ujar Dora Mokhza Dinova, Koordinator Penyuluh Perikanan Kapuas Hulu, Rabu (28/7/2021).
Anggota DPR RI, Yessy Melania meninjau olahan pakan ikan hasil pelatihan di Nanga Nyabau, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalbar/Istimewa

Terkait kegiatan itu, Anggota DPR RI Yessy Melania menyampaikan mendukung terhadap kegiatan tersebut. Tujuan kegiatan itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam berbudidaya ikan dan pembuatan pakan. "Sekaligus mendorong masyarakat dapat mandiri dalam membuat pakan ikan dan dapat mengurangi biaya produksi budidaya," singkatnya.
Berikutnya pelatihan pengolahan ikan berupa nugget dan amplang secara blended learning dari penyuluh perikanan kabupaten Kapuas Hulu, Satminkal BPPP TEGAL - Kementerian kelautan dan Perikanan RI. Kegiatan pelatihan tersebut juga dibuka oleh Anggota DPR RI, Yessy Melania. Kegiatan juga dihadiri oleh Kepala BRSDMKP - KKP Yang diwakilkan oleh Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI , Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Tegal secara daring. Kegiatan pelatihan itu dilaksanakan di Selimbau, tanggal 24 hingga 25 Juli 2021 lalu.
Kegiatan turut dihadiri Asisten Perekonomian Setda Kapuas Hulu, Bahtiar, Sekretaris Dinas Perikanan Kapuas Hulu, Triwati, Camat Selimbau, Kepala Desa Gudang Hilir,  Penyuluh Perikanan Kapuas Hulu dan 50 peserta ibu-ibu pengolahan ikan di desa Gudang Hilir. Seluruh kegiatan diadakan dengan penerapan protokol kesehatan.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad