Desa Harus Dorong Percepatan Penanganan Covid-19 - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Saturday, July 24, 2021

Desa Harus Dorong Percepatan Penanganan Covid-19

Foto: Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat memberi arahan dalam kegiatan koordinasi dan monitoring Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di aula kantor Camat Jongkong, Sabtu (24/7/2021).

Kapuas Hulu - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menghadiri kegiatan koordinasi dan monitoring Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di aula kantor Camat Jongkong, Sabtu (24/7/2021).

Wahyudi Hidayat menyampaikan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 03 tahun 2021 dan keputusan Gubernur Kalimantan Barat nomor 711 tahun 2021. Kemudian instruksi Bupati Kapuas Hulu nomor 367/1591/bpbd/ps-a tentang PPKM berbasis mikro dan mengoptimalkan posko penanganan corona virus disease 2019 di tingkat desa. 
"Posko desa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan satuan tugas covid-19 dalam rangka pelaksanaan ppkm di desa," ujarnya. 

Wabup menuturkan desa wajib menganggarkan minimal 8% dari dana desa. Ini peruntukannya telah diatur dalam petunjuk teknis, baik dari Mendagri dan Kemendes. "Saya yakin desa sudah mengetahui dan memahami terhadap hal tersebut, untuk itu saya minta agar semua desa dapat dengan optimal melakukan penanggulangan dan penanganan covid-19. Salah satunya melalui pengaktifan fungsi posko PPKM di desa masing-masing," ucapnya. 

Posko kecamatan dan desa hendaknya memaksimalkan peran dan serta fungsinya, melakukan koordinasi kepada satgas covid 19, babinkamtibmas, satpol pp kecamatan, serta unsur lainnya yang terlibat. Kemudian melakukan edukasi dan sosialisasi pencegahan dan penanganan pandemi covid-19. 

"Pembinaan untuk meningkatkan disiplin warga masyarakat desa dalam penerapan protokol kesehatan 3m (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) serta membatasi mobilitas atau pergerakan kegiatan masyarakat," katanya. 

Selain itu lakukan kerja sama dengan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dalam mengoptimalkan penanganan covid-19, khususnya dalam pencegahan, testing dan tracing, 
Ia berharap kepada camat, Forkopincam serta kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat di kecamatan jongkong, tetap selalu memonitor dan berkoordinasi kepada pemerintah daerah terkait penanganan covid 19. 

"Selama kegiatan PPKM skala mikro ini dan seterusnya, selalu sosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat, semoga pandemi ini cepat berlalu," tuntasnya. 

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad